Sistem Pendukung Keputusan Pembagian Bonus Tahunan Karyawan( Study Kasus Bengkel Berkah)

Authors

  • Silvilestari AMIK KOSGORO

Keywords:

Bonus tahunan, SPK, kriteria, menggunakan Metode Simple Additive Weight (SAW)

Abstract

Pemberian Bonus Tahunan merupakan hal yang wajib di lakukan oleh bengkel berkah sesuai dengan perjanjian awal dengan karyawan.. Bonus Tahunan di berikan setelah jangka waktu satu tahun dengan menghitung semua pemasukkan bersih dan setelah itu akan dibagikan kepada karyawan sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh pemilik Bengkel Berkah Permasalahan yang sering terjadi yaitu kesulitan pemilik bengkel dalam memnghitung pembagian Bonus tahunan karena masih menggunakan system yang manual dan sering terjadi kesalahan dalam perhitungan. Tujuan Utama penelitian ini yaitu membuat sebuah system yang terkomputerisasi sehingga mempermudah pemilik toko dalam pembagian bonus tahunan dan meminilisasi terjadi kesalahan. Proses penyelesaian penelitian ini menggunakan  Metode Simple Additive Weight (SAW), yang mana metode ini melakukan proses perhitungan masing masing bobot kriteria dengan mimilih bobot tertinggi dengan masing masing kriteria sehingga setiap nilai jumlah dari bobot dari hasil yang diperoleh akan menjadi keputusan akhir. Kriteria yang diperlukan dalam penentuan pemberian bonus tahunan yaitu : Masa Keja, Disiplin, Tanggung Jawab, Kerajinan , Etika. Hasil Akhir penelitian ini diperoleh nilai 1 atas nama Putri Azzahra yang mendapatkan bonus tahunan paling banyak. Penelitian ini mampu dijadikan standart dalam pengambilan keputusan dalam pemberian bonus tahunan.

References

Abdillah1, A. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru Dengan Metode Simple Additive Weigthing ( Saw ) Di Sman 1 Cikakak Kab . Sukabumi. 124–131.

Aprianti, H. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Smartphone Dengan Menerapkan Metode Simple Additive Weighting ( SAW ). 19–24.

Dewi, Riza, .C & Astuti, Ely, .S. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Bonus Tahunan Pada Karyawan Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Pelita Informatika Budi Darma, 7(3), 2–5.

Ginting, G., Mesran, & Manalu, Y. F. (2021). Penerapan Metode Simple Additive Weighting ( SAW ) Dalam Pemberian Reward Bagi Pegawai Honorer. Prosiding Seminar Nasional Riset Dan Information Science (SENARIS), 5(3), 19–25.

Hermanto, N. I., & Sekolah. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Motor Dengan Metode Simple Additive Weigthing (SAW) Hermanto, Nailul Izzah. 6(2), 184–200.

Manurung, N. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Bonus Karyawan Menggunakan Metode Ahp. In Jurnal Teknologi Informasi (Jurti) (Vol. 1, Issue 1).

Rachman, R. (2019). Penerapan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Untuk Penilaian Karyawan Pada Kenaikan Jabatan. Jurnal Tekno Insentif, 12(2), 21–27. Https://Doi.Org/10.36787/Jti.V12i2.71

Rachmat Agusli1, Muhammad Iqbal Dzulhaq2, U. K. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Bonus Tahunan Karyawan Menggunakan Metode TOPSIS. Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Bonus Tahunan Karyawan Menggunakan Metode TOPSIS, 1(1), 53–58. Http://Jurnal.Una.Ac.Id/Index.Php/Jurti/Article/View/42/39

Saefudin, S., & Cahyo, F. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Pemberian Bonus Tahunan Pada Karyawan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp). Jsii (Jurnal Sistem Informasi), 6(1), 54. Https://Doi.Org/10.30656/Jsii.V6i1.1074

Sitorus, K., & P, A. B. (2022). Penentuan Bonus Tahunan Menggunakan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique Graha Bumi Hijau Memberikan Bonus Tahunan Kepada Tiap Karyawannya , Bonus Ini Dimanakan Key Performance Indicators ( KPI ). Dalam Pemberian Bonus Ini Memberikan Kemampuan S. 16, 20–27.

Subagio, R. T., Sokibi, P., & Hartoyo, R. R. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Bonus Karyawan Menggunakan Metode Fuzzy Logic (Studi Kasus: Pt. Jaya Raya). Jurnal Digit, 9(1), 71. Https://Doi.Org/10.51920/Jd.V9i1.134.

Downloads

Published

2023-06-21

Issue

Section

Artikel