Sistem Pencarian Tempat Wisata Di Kota Kudus Menggunakan Metode Haversine

Authors

  • Insan Ramadhani Unisbank Semarang
  • Veronica Lusiana Unisbank Semarang

Keywords:

Haversine, Pencarian, Wisata Kudus

Abstract

Meskipun Kota Kudus memiliki banyak tempat wisata, kebanyakan orang hanya mengunjungi dua di antaranya, yaitu Makam Sunan Muria dan Sunan Kudus. Akibatnya, Banyak tempat wisata di kota ini jarang dikunjungi dan tidak cukup dikenal. Selain itu, pemerintah setempat masih menggunakan metode lama untuk mengiklankan tempat wisata secara manual. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat sistem pencarian tempat wisata terdekat dengan posisi pengguna di Kota Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Dengan menggunakan Haversine, dapat dihitung jarak antara posisi pengguna dan tempat wisata yang ada di Kudus dan memberikan lima rekomendasi untuk tempat wisata terdekat dari lokasi pengguna.

References

B. A. Simanjuntak, F. Tanjung and R. Nasution, Sejarah Pariwisata Menuju Perkembangan Pariwisata Indonesia, Jakarta: Yayasan Pustaka Obar Indonesia, 2017.

B. Sunaryo, Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata Konsep dan Aplikasinya Di Indonesia, Yogyakarta: Gava Media, 2013.

I. K. Suwena and I. G. N. Widyatmaja, Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata, Denpasar: Pustaka Larasan, 2017.

A. A. Taqwim, M. Nurkamid and R. Meimaharani, "Sistem Informasi Untuk Wisata Di Kudus Berbasis Teknologi Web Semantik," Jurnal Dialektika Informatika, vol. II, no. 1, pp. 23-27, 2021.

A. Nurhindarto, D. R. Santoso and E. Y. Hidayat, "Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Geografis Objek Wisata dan Kuliner di Kabupaten Kudus Berbasis Smartphone Android," Journal of Information System, vol. V, no. 2, pp. 288-299, 2020.

E. Prahasta, Sistem Informasi Geografis Konsep Konsep Dasar (Prespektif Geodesi & Geomatika), Bandung: Informatika, 2014.

Farid and Y. Yunus, "Analisa Algoritma Haversine Formula Untuk Pencarian Lokasi Terdekat Rumah Sakit Dan Puskesmas Provinsi Gorontalo," Ilkom, vol. II, no. 3, pp. 353-355, 2017.

I. H. Amin and Wahyudiono, "Implementasi Metode Haversine Untuk Pencarian Optical Distribution Point," Dinamika Informatika, vol. XIII, no. 1, pp. 28-35, 2021.

I. H. Amin, V. Lusiana and B. Hartono, "Visualisasi Pencarian Lintasan Terpendek Algoritma Floyd-Warshall Dan Dijkstra Menggunakan Tex," Prosiding Sintak, pp. 17-23, 2017.

Downloads

Published

2023-12-14

Issue

Section

Artikel