Analisis Usability Sistem Aplikasi Netraku Menggunakan Metode Usability Testing
Keywords:
Aplikasi Netraku, Tunanetra, Focus Group Discussion, Usability testing, Participatory designAbstract
Kebutaan adalah ketidakmampuan seseorang untuk melihat, secara keseluruhan atau sebagian. Pada tahun 2021, jumlah penyandang tunanetra di Kota Palembang akan menjadi sekitar 2.192,00 orang menurut data Badan Kesejahteraan Sosial. Aplikasi Netraku berasal dari teknologi kecerdasan buatan (AI) yang dapat mengetahui nama suatu objek dengan mengarahkan kamera ke objek tersebut, dan aplikasi Netraku memberikan informasi suara kepada pengguna tunanetra tentang nama objek tersebut. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengembangan aplikasi Netraku, mengetahui apa yang dibutuhkan pengguna sistem aplikasi Netraku, menentukan nilai efisiensi dan efektifitas, serta memberikan rekomendasi saran perbaikan aplikasi Netraku yang dapat mengatasi keluhan pengguna. Metode tersebut terdiri dari pengujian kegunaan dengan teknik pengukuran kinerja, diskusi kelompok terarah dan desain partisipatif. Diskusi kelompok fokus menghasilkan persyaratan pengguna untuk aplikasi Netraku. Oleh karena itu, uji kegunaan dilakukan oleh enam responden, menghasilkan skor keberhasilan rata-rata 83,33 dan tingkat kesalahan 16,7%, yang berarti pengguna dapat melakukan tugas yang diberikan secara efektif. Mengenai nilai kinerja rata-rata, waktu pemrosesan adalah 10,34 detik. Berdasarkan hasil yang diperoleh, fungsi dari aplikasi Netraku memiliki beberapa kendala, sehingga dibuat solution project untuk pengembangan aplikasi tersebut.References
Abiwardani, H., Hanggara, B. T., & Prakoso, B. S. (2020). Evaluasi Usability Aplikasi Usaha Laundry Berbasis Web Menggunakan Metode Usability Testing (Studi Kasus: Aplikasi Smartlink Bos). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 4(3), 822-829.
Afiyanti, Y. (2008). Focus group discussion (diskusi kelompok terfokus) sebagai metode pengumpulan data penelitian kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 12(1), 58-62.
Andawuri, J., & Majapahit, S. A. (2018). Penetapan Requirement Untuk Sistem Informasi Pemantauan Kegiatan Kemahasiswaan. Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2018
Alqahtani, A. (2019). Usability Testing of Google Cloud Applications: Students' Perspective. Journal of Technology and Science Education, 9(3), 326-339.
Beny, B., Yani, H., & Ningrum, G. M. (2019). Evaluasi Usability Situs Web Kemenkumham Kantor Wilayah Jambi dengan Metode Usability Test dan System Usability Scale. RESEARCH: Journal of Computer, Information System & Technology Management, 2(1), 30-34.
Brahmasari. (2008). Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan (Studi kasus pada PT. Pei Hai International Wiratama Indonesia). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.10, No. 2, 124-135.
Chatterjee, A., Prinz, A., Gerdes, M., Martinez, S., Pahari, N., & Meena, Y. K. (2022). ProHealth eCoach: user-centered design and development of an eCoach app to promote healthy lifestyle with personalized activity recommendations. BMC Health Services Research, 22(1), 1120.
Doni, F., Bianchi Martini, S., Corvino, A., & Mazzoni, M. (2020). Voluntary versus mandatory non-financial disclosure: EU Directive 95/2014 and sustainability reporting practices based on empirical evidence from Italy. Meditari Accountancy Research, 28(5), 781-802.
Ernawati, S., Wati, R. and Maulana, I., (2021). Penerapan model fountain untuk pengembangan aplikasi text recognition dan text to speech berbasis android menggunakan flutter. Prosiding Snast, pp.178-186.
Farouqi, M. I., Aknuranda, I., & Herlambang, A. D. (2018). Evaluasi Usability pada Aplikasi Go-Jek Dengan Menggunakan Metode Pengujian Usability. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, 964X.
Firdaus, H., & Zakiah, A. (2021). Implementation of Usability Testing Methods to Measure the Usability Aspect of Management Information System Mobile Application (Case Study Sukamiskin Correctional Institution). International Journal of Modern Education & Computer Science, 13(5).
Fitriyah, L., Wijoyo, S.H. and Prakoso, B.S., (2021). Evaluasi dan Perbaikan Pada Antarmuka Pengguna Website Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang Dengan Menggunakan Metode Usability Testing dan Heuristic Evaluation. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, p.964X.
Hadi, K.R., Az-Zahra, H.M. and Fanani, L., (2018). Analisis Dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile KAI Access Dengan Metode Usability Testing Dan Use Questionnaire. vol, 2548, p.964X.
Harvey, William. S. (2011). “Strategies for Conducting Elite Interviews.” Qualitative Research, 11 (4), 431-441.
He, D., Grigoryan, A., & Sigh, M. (2002). Design of double-and triple-sampling X-bar control charts using genetic algorithms. International Journal of Production Research, 40(6), 1387-1404.
Himawan, Y. H. (2014). Pengaruh Green Marketing Perusahaan pada Pilihan Konsumen: Sebuah Tinjauan Komparatif pada Konsumen The Body Shop dengan Larissa Skin Care & Hair Treatment di Kota Yogyakarta. SEGMEN: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 11(1c).
International Organization For Standardization., 1998. ISO 9241-11:1998: Ergonnomic Requirements for Office Work With Visual Display Terminals (VDTs)- part 11: Guidance on Usability. International Organization for Standadization.
Iqbal, M., Marthasari, G. I., & Nuryasin, I. (2020). Penerapan Metode UCD (User Centered Design) pada Perancangan Aplikasi Darurat Berbasis Android. Jurnal Repositor, 2(2), 201-214.
ISO 9241-210. (2010). Ergonomic of human - system interaction - Human-centred design for interactive systems.
Istiana, P., 2011. Evaluasi Usability Situs Web Perpustakaan. Visi Pustaka, 13(3), pp.5-10.
Karima, T. P., Az-Zahra, H. M., & Perdanakusuma, A. R. (2019). Analisis Dan Perbaikan Usability Pada Antarmuka Pengguna Aplikasi Mobile PDAM Surya Sembada Kota Surabaya Dengan Menggunakan Metode Usability Testing. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e- ISSN, 2548, 964X.
Kurniawan, F. H., Sriyanto, S., & Arvianto, A. (2018). Aplikasi Untuk Menghitung Swat Dengan Metode Participatory Design (PD). Industrial Engineering Online Journal, 6(4).
Larasati, I. (2020). Evaluasi Penggunaan Website Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Dengan Menggunakan Metode Usability Testing. Computatio: Journal of Computer Science and Information Systems, 4(1), 68-77.
Maftuhin, A. (2014). Aksesibilitas ibadah bagi difabel: Studi atas empat masjid di Yogyakarta. Inklusi, 1(2), 249-268.
Maramba, I., Chatterjee, A., & Newman, C. (2019). Methods of usability testing in the development of eHealth applications: a scoping review. International journal of medical informatics, 126, 95-104.
Masadeh, M. A. (2012). Focus group: Reviews and practices. International Journal of Applied Science and Technology, 2(10).
McMillan, J., Cordesman, A. H., Fandy, M., & Mohamedi, F. (2002). The United States and Saudi Arabia: American interests and challenges to the Kingdom in 2002. Middle East Policy, 9(1), 1.
May, T. (1993). Social research issues, methods, & process. London: Open University Press Buckingham.
Mifsud, J. (2015). Usability metrics–a guide to quantify the usability of any system. Usability Geek.
Moradian, S., Krzyzanowska, M. K., Maguire, R., Morita, P. P., Kukreti, V., Avery, J., ... & Howell, D. (2018). Usability evaluation of a mobile phone–based system for remote monitoring and management of chemotherapy-related side effects in cancer patients: mixed-methods study. JMIR cancer, 4(2), e10932.
Nielsen, J. (1993). Usability Engineering Academic Press Inc. Verlag, London.
Nielsen, J. (2012). Usability 101: Introduction to usability.
Nugraha, A. P., Puspasari, M. A., & Syaifullah, D. H. (2019, May). Usability evaluation for user Interface redesign of financial technology application. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 505, No. 1, p. 012101). IOP Publishing.
Nurhadryani, Y., Sianturi, S. K., Hermadi, I., & Khotimah, H. (2013). Pengujian usability untuk meningkatkan antarmuka aplikasi mobile. Jurnal Ilmu Komputer dan Agri-Informatika, 2(2), 83-93.
Ogedebe, P.M. and Jacob, B.P., (2012). Software prototyping: a strategy to use when user lacks data processing experience. ARPN Journal of Systems and Software, 2(6), pp.219-224.
Panggabean, T.Y.S. and Ati, S., (2019). Evaluasi Jaws (Job Access With Speech) Screen Reader untuk Akses Informasi Tunanetra di Yayasan Komunitas Sahabat Mata Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(3), pp.701-710.
Paramita, A., & Kristiana, L. (2013). Teknik focus group discussion dalam penelitian kualitatif. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 16(2), 117-127.
Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni). www.pertuni.idp-europe.org, diakses tanggal 18 Mei 2018, pukul 11.01.
Pradipta, A.A., Prasetyo, Y.A. and Ambarsari, N., 2015. Pengembangan Web E- Commerce Bojana Sari Menggunakan Metode Prototype. eProceedings of Engineering, 2(1).
Pramono, W.A., Az-Zahra, H.M. and Rokhmawati, R.I., (2019). Evaluasi Usability pada Aplikasi MyTelkomsel dengan Menggunakan Metode Usability Testing. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e- ISSN, 2548, p.964X.
Pratomo, A. and Mantala, R., 2016. Pengembangan aplikasi ujian berbasis komputer beserta analisis uji guna sistem perangkat lunaknya menggunakan metode SUMI (Software Usability Measurement Inventory). POSITIF: Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, 2(1).
Priyadi, E., 2014. Analisis aplikasi talkback bagi penyandang tunanetra pada operasi sistem android. Dokumen Karya Ilmiah Universitas Dian Nuswantoro Semarang.
Putra, G. A., & Zahro, H. Z. (2019). Desain Partisipasi Dalam ruang Publik, Ruang komunal Sosial Dalam Kampung Heritage Tawangsari Sebagai Salah Satu Bentuk Aplikasi Unsur Keberlanjutan Sosial. Pawon: Jurnal Arsitektur, 3(02), 25-36.
Rahmi, L. (2019). Evaluasi usability fitur webshare pada aplikasi Share It menggunakan metode Thinking-Aloud. Ultima InfoSys: Jurnal Ilmu Sistem Informasi, 10(2), 111-118.
Reynaldo, W., Nainggolan, M., & Theresia, C. (2021). Perancangan Aplikasi Penyedia Informasi Perguruan Tinggi Bagi Pelajar SMA/Sederajat dengan Metode Participatory Design. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 10(1), 73- 88.
Rzeszewski, M., & Kotus, J. (2019). Usability and usefulness of internet mapping platforms in participatory spatial planning. Applied Geography, 103, 56-69.
Salman, H. M., Ahmad, W. F. W., & Sulaiman, S. (2018). Usability evaluation of the smartphone user interface in supporting elderly users from experts’perspective. Ieee Access, 6, 22578-22591.
Saputra, C. R. (2022). Pembangunan Aplikasi Keselamatan Berkendara Motor Memanfaatkan Teknologi Mobile Berbasis Android (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).
Sastramihardja, H., Hapsari, I.N. and Neri, I.A., 2008. Pengukuran Usability Dengan Sarana Task Model Dalam User Center Software Development. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Telekomunikasi, 13(2), pp.139-144.
Truman, E., & Elliott, C. (2022). Testing a Mobile App for Participatory Research to Identify Teen-Targeted Food Marketing: Mixed Methods Study. JMIR Formative Research, 6(5), e35886.
Tuloli, M. S., Patalangi, R., & Takdir, R. (2022). Pengukuran Tingkat Usability Sistem Aplikasi e-Rapor Menggunakan Metode Usability Testing dan SUS. Jambura Journal of Informatics, 4(1), 13-26.
Utami, N. W., Arthana, I. K. R., & Darmawiguna, I. G. M. (2020). Evaluasi Usability Pada E-Learning Universitas Pendidikan Ganesha Dengan Metode Usability Testing. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 9(1), 107-118.
Wang, Z., Wang, F., Hermawan, A., Asakura, Y., Hasegawa, T., Kumagai, H., ... & Yin, S. (2021). SnO-SnO2 modified two-dimensional MXene Ti3C2Tx for acetone gas sensor working at room temperature. Journal of Materials Science & Technology, 73, 128-138.
Wisnu, N. T., Tutik, H., & Handayani, T. E. (2021). Early Detection Instruments for Children with Special Needs. Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences, 9(E), 1261-1266.
Yuliyana, T., Arthana, I. K. R., & Agustini, K. (2019). Usability Testing pada Aplikasi POTWIS. JST (Jurnal Sains dan Teknologi), 8(1), 12-22.