Implementasi Metode Promethee untuk Penilaian Kinerja Wakil Rakyat pada Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu

Authors

  • Putra Meizoni Universitas Dehasen Bengkulu
  • Jusuf Wahyudi Universitas Dehasen Bengkulu
  • Prahasti Universitas Dehasen Bengkulu

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, Promethee, DPRD Provinsi Bengkulu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem pendukung keputusan untuk penilaian kinerja wakil rakyat pada Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu menggunakan metode promethea. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Promethee untuk menilai kinerja wakil rakyat pada Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu agar dihasilkan kinerja yang benar-benar sesuai dengan yang diharapkan. Dimana alternatif terpilih dilihat dari 2 nilai promethee yaitu Leaving Flow dan Entering Flow, Net Flow. Oleh karena itu dirancang sistem pendukung keputusan untuk menentukan kinerja wakil rakyat DPRD Provinsi Bengkulu menggunakan metode Promethee. Sistem pendukung keputusan ini dirancang menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dan database MySQL. Sistem yang dibuat dapat memberikan kemudahan bagi DPRD Provinsi Bengkulu untuk menentukan penilaian kinerja wakil rakyat di DPRD Provinsi Bengkulu

Author Biography

Putra Meizoni, Universitas Dehasen Bengkulu

Google Scolar Scopus ID : 57203387870

References

. Arif, A., dkk. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penilaian Kinerja Perawat Menggunakan Metode Promethee Pada Puskesmas Rena Kandis Kabupaten Bengkulu Tengah. Jurnal Informa: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 5(1), 7-15.

. Fathansyah. 2021. Basis Data. Bandung: Penerbit Informatika Bandung.

. Fatta. 2019. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta:

. Febrina, D, dkk. 2019. Penerapan Promethee II Untuk Pemilihan Kapten Tim Sepak Bola. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1).

. Firman, Astria. 2021. Sistem Informasi Perpustakaan Online Berbasis Web.UNSRAT. 8 hal

. Gusrianty, G., Oktarina, D., & Kurniawan, W. J. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Promethee Untuk Menentukan Kepuasan Pelanggan Penjualan Sepeda Motor Bekas. SISTEMASI: Jurnal Sistem Informasi, 8(1), 62-69.

. Ladjamudin, Al-Bahra. 2019. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu

. Nugroho, B. P., & Jayanti, S. (2020). Implementasi Sistem Informasi Berbasis Web (Studi Kasus Gereja GKE Sion Palangkaraya). Jurnal Saintekom, 7(2), 138-152

. Ramadhan, Arief (2020). “Student Guide Series Macromedia Dreamweaver 8”. Jakarta. Elex Media. Halaman 2.

. Sari, Febrina. 2020. Implementasi Metode Promethee Pada Sistem Pendukung Keputusan Penerima Kartu Perlindungan Sosial (KPS). Dumai. Sekolah Tinggi Teknologi. 10 hal.

. Yakub, F., & Mori, Y. (2019). Comparative study of autonomous path-following vehicle control via model predictive control and linear quadratic control. Proceedings of the Institution of Mechanical Engineers, Part D: Journal of automobile engineering, 229(12), 1695-1714.

Downloads

Published

2023-12-16

Issue

Section

Artikel