Game Pengenalan Komponen Perangkat Keras Komputer Berbasis Android Menggunakan Teknologi Augmented Reality Dengan Algoritma Fisher–Yates Shuffle

Authors

Keywords:

Permainan Edukasi, Augmented Reality, Algoritma Fisher Yates-Shuffle

Abstract

Penelitian pembuatan game ini bertujuan untuk membuat pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality pengenalan perangkat keras, mengetahui kemudahan dan kemenarikan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality pengenalan komponen perangkat keras. Penelitian yang dilakukan dalam pembuatan game ini menggunakan algroritma fisher-yates yang hanya digunakan pada fitur game yang terdapat pada aplikasi. Peneliti juga menggunakan metode marker untuk augmented reality, dimana desain penanda/marker yang telah disediakan oleh peneliti. Pengguna dapat melihat Komponen-komponen perangkat keras komputer dapat dilihat dalam bentuk objek virtual, yang diarahkan pada marker. Selain berfokus pada augmented reality tentang pengenalan komponen perangkat keras komputer, peneliti juga menambahkan fitur game yang mana dengan adanya fitur tersebut dapat menambah wawasan seputar tentang komponen perangkat keras.

References

Mustaqim, I. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1.

Purba, D. E. R., & Sibagariang, S. (2021). Belajar dan Bermain pada Anak Usia Dini dengan Teknologi Augmented Reality. Jurnal Mahajana Informasi, 6(2), 97-102.

Abdillah, G. Y., Andryana, S., & Iskandar, A. (2020). Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Perangkat Keras Komputer Dengan Fast Corner Dan Natural Feature Tracking. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 5(2), 79-88.

C., C., 1987. Serious Game. s.l.:s.n.

Ramadhan, A. F., Putra, A. D., & Surahman, A. (2021). Aplikasi Pengenalan Perangkat Keras Komputer Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality (Ar). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 24-31.

Arviansyah, Y., Nurfaizah, N., & Waluyo, R. (2020). Penerapan Algoritma Fisher Yates Shuffle Pada Aplikasi TOEFL Preparation Berbasis Web. Jurnal Buana Informatika, 11(2), 112-122.

Downloads

Published

2023-12-27

Issue

Section

Artikel