Pengembangan e-Learning dengan Metode Flipped Classroom Berbasis Classdojo untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran TIK
Keywords:
Flipped Classroom, ClassDojo, E-learning, TIK, Pemahaman SiswaAbstract
Masalah yang dihadapi dalam kegiatan belajar di SMP Negeri 8 SATAP Donggo adalah rendahnya pemahaman siswa tentang materi TIK, kurangnya partisipasi aktif siswa dalam proses belajar, serta dominasi metode ceramah yang diterapkan oleh pengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan e-learning menggunakan ClassDojo dengan pendekatan flipped class untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran TIK. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) yang mencakup lima tahap utama: penelitian awal, pembuatan produk awal, pengujian produk, penilaian, dan produk akhir. Alat yang digunakan adalah pre-test dan post-test untuk menilai peningkatan pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya kemajuan yang signifikan pada nilai rata-rata siswa setelah penerapan e-learning berbasis ClassDojo, dimana nilai rata-rata pre-test meningkat dari 65 menjadi 84,88 pada post-test. Perhitungan N-Gain menunjukkan nilai rata-rata sebesar 0,59. Hal ini mengindikasikan bahwa metode flipped class dengan ClassDojo efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi TIK.References
E. Nurillahwaty, “Peran teknologi dalam dunia Pendidikan,” Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, vol. 1, 2022.
E. Eriyanti and M. N. Nasution, “Integrasi Teknologi dalam Pendidikan: Tantangan dan Peluang untuk Kompetensi Guru,” Jurnal Pendidikan Diniyah, vol. 5, no. 1, pp. 45–55, 2025. [Online]. Available: https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/pdp/article/view/1446.
O. Bilyk, “The effectiveness of ClassDojo platform in preparing future teachers for distance learning,” Education and Information Technologies, vol. 29, pp. 123–138, 2024.
Amirunnizam, Pengembangan e-learning berbasis Moodle menggunakan flipped classroom pada materi bangun ruang sisi lengkung untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX, S1 thesis, Universitas Jambi, 2022.
S. Fitrawansah, J. K. Alfi, et al., “Implementasi model pembelajaran flipped classroom menggunakan media e-learning berbasis Moodle,” Jurnal Pendidikan, vol. 8, no. 1, 2024.
S. N. Aisyah, Pengaruh ClassDojo application terhadap self-regulated learning dan keterlibatan orang tua di SD Kharisma Bangsa Kota Tangerang Selatan, Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2024.
I. Zamjani, D. N. R. Wahyuni, S. N. Azizah, H. Waruwu, and E. Hariyanti, Platform pembelajaran digital dan strategi inklusivitas pendidikan di Indonesia, Pusat Penelitian Kebijakan, Kemendikbud, 2020.
A. Saputra, “Trends and Developments in Gamification for Science Education: A Bibliometric Review from 2019 to 2023,” Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2025.
A. Fathoni, B. Prasodjo, W. Jhon, and D. M. Zulqadri, Media dan pendekatan pembelajaran di era digital: Hakikat, model pengembangan & inovasi media pembelajaran digital, Yogyakarta: CV. Eureka Media Aksara, 2023.
K. A. N. Imania and S. H. Bariah, “Pengembangan Flipped Classroom dalam Pembelajaran Berbasis Mobile Learning pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran,” Jurnal PETIK, vol. 6, no. 2, Sep. 2020.
Y. Bilyk, “The use of Class Dojo in the preparation of future primary school teachers for the organization of distance learning,” Scientific Bulletin of Mukachevo State University. Series Pedagogy and Psychology, vol. 10, no. 1, pp. 98–106, 2024, doi: 10.52534/msu-pp1.2024.98.
R. R. Hake, “Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses,” Am. J. Phys.*, vol. 66, no. 1, pp. 64–74, 1998, doi: 10.1119/1.18809.
J. L. Bishop and M. A. Verleger, “The flipped classroom: A survey of the research,” in *Proc. 2013 ASEE Annu. Conf. Expo., pp. 23.1200.1–23.1200.18, 2013. [Online]. Available: https://peer.asee.org/22585.
ClassDojo, “ClassDojo: Bring your classroom together.” [Online]. Available: https://www.classdojo.com/. [Accessed: Apr. 28, 2025].
Rahman, A., & Arifin, M. (2022). Flipped classroom model in improving student learning outcomes: A meta-analysis. Journal of Education and Learning, 16(1), 45–54. https://doi.org/10.11591/edulearn.v16i1.20345
Zhao, L., Smith, K., & Nguyen, T. (2023). Enhancing parent-teacher-student communication through ClassDojo: A mixed-method study. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 20(1), 1–15. https://doi.org/10.1186/s41239-023-00456-0