Penerapan Algoritma Minimax Terhadap Permainan Tic-Tac-Toe Dengan Menggunakan Artificial Intelligence

Authors

  • Arvin Christopher Universitas Bunda Mulia Jakarta
  • Daniel Daniel Universitas Bunda Mulia Jakarta
  • Ellen Pratama Universitas Bunda Mulia Jakarta
  • Lukman Hakim Universitas Bunda Mulia Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.17605/jtiust.v5i2.941

Keywords:

Algoritma Minimax, Tic-Tac-Toe, Kecerdasan buatan, Halaman web, Permaninan

Abstract

Kecerdasan buatan merupakan suatu sistem yang dibuat dengan menggunakan algoritma tertentu, sehingga sistem tersebut seolah-olah dapat bekerja seperti manusia. Algoritma Minimax adalah sebuah algoritma yang digunakan untuk menentukan pilihan agar dapat memperkecil kemungkinan kehilangan nilai maksimal, yang akan meminimalkan kemungkinan kekalahan dan memaksimalkan kemungkinan kemenangan. Adapun game sederhana yang digunakan untuk menerapkan algoritma Minimax yaitu Tic-Tac-Toe. Game Tic-Tac-Toe ini menerapkan kecerdasan buatan dengan menggunakan algoritma Minimax, dimana komputer dapat menentukan langkah terbaik yang harus diambil. Game Tic-Tac-Toe ini dibuat dengan berbasis website dan papan permainan Tic-Tac-Toe sebesar 3 x 3, permainan akan berakhir jika pemain satu (manusia) kalah dan pemain dua (komputer) menang atau permainan seri.

References

W. Pratama, “Game Adventure Misteri Kotak Pandora,†J. Telemat., vol. 7, no. 2, pp. 13–31, 2014.

I. V. Paputungan, “KONSEP PERMAINAN TIC-TAC-TOE MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA,†Semin. Nas. Apl. Teknol. Inf., vol. 0, no. 0, 2006, Accessed: Oct. 06, 2020. [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/Snati/article/view/1603.

Nasri, “Kecerdasan buatan ( Artificial Intelligence ),†Artif. Intell., vol. 1, no. 2, pp. 1–10, 2014.

I. Diah, “ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI),†no. 187038039, pp. 1–17, 2018.

W. Budiharto, “AI for Beginner,†AI Begin., pp. 1–11, 2018.

M. Kurniawan, A. Pamungkas, and S. Hadi, “ALGORITMA MINIMAX SEBAGAI PENGAMBIL KEPUTUSAN DALAM GAME TIC-TAC-TOE,†SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, vol. 4, no. 1, pp. 6–7, Feb. 2016, Accessed: Oct. 09, 2020. [Online]. Available:

https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1243.

M. W. Giannetti, “Artificial intelligence - Artificial Intelligence Overview,†Air Sp. Power J., pp. 92–95, 2018, [Online]. Available: https://www.intel.com/content/altera-www/global/en_us/index/solutions/technology/artificial-intelligence/overview.html.

H. Ospriyono, “Tutorial HTML ( Hypertext Markup Language ) Menggunakan Teks Editor Notepad / Notepad ++.â€

N. Nusyirwan, “Modul praktikum aplikasi it 1,†Modul Pembuatan Web Dengan Menggunakan HTML, pp. 1–10, 2014.

D. A. Hadi, “Belajar HTML & CSS Dasar,†Www.Malasngoding.Com, p. 120, 2017.

T. Suryana, “Belajar Java Script,†pp. 1–23, 2011.

YQ, “Modul 5 -Javascript-,†pp. 1–12.

C. Waruwu and D. Purba, “Implementasi Algoritma Minimax Dalam Game Othello,†J. Tek. Inform. Unika St. Thomas, vol. 2, no. 1, pp. 58–68, 2017.

Published

2020-12-03

Issue

Section

Artikel