Pembelajaran Operasi Hitung Aritmatika Sosial dengan Menerapkan Metode Computer Based Instruction (CBI) di panti Asuhan Talenta Delpita Medan

Authors

  • Abdul Sani Sembiring Universitas Budi Darma Medan
  • Kennedi Tampubolon Tampubolon Universitas Budi Darma Medan

Keywords:

Pembelajaran, Operasi Hitung Aritmatika Sosial, Metode Computer Based Instruction

Abstract

Perkembangan teknologi informasi pada generasi sekarang ini cukup luas dalam tujuan untuk mendukung kinerja manusia yang beraneka ragam. Salah satunya yang sudah menjadi kenyataan dalam perkembangan teknologi seperti komputer. Saat ini computer mempunyai peranan yang sangat penting terutama bidang  pendidikan. Seiring perkembangan jaman maka komputer menjadi satu-satunya pilihan tepat sebagai Media Pembelajaran yang sangat dibutuhkan oleh Panti Asuhan Talenta Delpita Medan dalam membantu penyampaian bermacam Materi Pelajaran kepada anak-anak khususnya Materi Operasi Hitung Aritmetika Sosial. Dengan demikian anak-anak dapat belajar secara mandiri tanpa harus di tuntun oleh Guru Matematika yang bersangkutan namun dapat di pandu oleh seorang pembimbing yang memahami cara pengoperasian computer. Metode ini disebut dengan istilah Computer Based Instruction (CBI) yaitu Sebuah pembelajaran terprogram yang  menggunakan komputer sebagai sarana utama atau alat bantu yang mengkomunikasikan  materi kepada anak-anak sehingga mudah dimengerti serta menambah semangat untuk belajar.

Author Biography

Abdul Sani Sembiring, Universitas Budi Darma Medan

Dosen

References

I. Siliwangi, “Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam menyelesaikan soal pada materi aritmatika sosial,” vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2019.

M. Murdani, I. R. Munthe, and S. Suryadi, “Penerapan Metode Computer Based Instruction (Cbi) Pada Aplikasi Edukasi Herbal,” U-NET J. Tek. Inform., vol. 4, no. 1, pp. 25–36, 2020, doi: 10.52332/u-net.v4i1.188.

D. Setiyadi and S. Rofiah, “Media Pembelajaran Anak TK Dengan Metode CBI ( Computer Based Instruction ),” vol. 6, no. September, pp. 115–124, 2018.

I. Pltg et al., “Jurnal Ilmiah ‘DUNIA ILMU’ VOL. 3. NO. 1 Juli 2017,” J. Ilm. Dunia Ilmu, vol. 3, no. 1, pp. 172–178, 2017.

rusman, metode pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. jakarta PT rajagrafindo persada, 2013.

Published

2023-02-01

Issue

Section

Daftar Artikel