Sistem Informasi Geografis Titik Rawan Kecelakaan Lalu-Lintas Berbasis Android (Studi Kasus : Lintas Sumatera Medan-Lubuk Pakam)

Penulis

  • Sorang Pakpahan FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Heny Indy Friana Lubis Universitas Katolik Santo Thomas

Kata Kunci:

Rawan Kecelakaan, GIS, Ringkasan Kumulatif

Abstrak

Pelanggaran dalam berkendara sering terjadi di lintas Sumatera yang mengakibatkan kecelakaan. Oleh karena peristiwa tersebut maka peneliti bertujuan untuk merancang Sistem Informasi Geografis Titik Rawan Kecelakaan Lalu Lintas Berbasis Android (Studi Kasus: Lintas Sumatera Medan – Lubuk Pakam). Sistem ini akan membantu masyarakat untuk melihat titik-titik rawan kecelakaan, sehingga masyarakat dapat berhati-hati dalam berkendara.Sistem informasi geografis (SIG) merupakan gabungan dari tiga unsur utama, yaitu sistem, informasi dan geografi. Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah sistem berbasis komputer yang digunakan untuk mengelola dan menyimpan data atau informasi yang bereferensi geografis.Sistem ini menggunakan metode Cummulatif Summary untuk menentukan titik rawan kecelakaan yang dirancang berbasis android. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa data kecelakaan lalu lintas yang diperoleh dari Satlantas Polres Deli Serdang. Data tersebut kemudian dianalisis dengan mencari angka kecelakaan untuk menghitung dan menentukan titik rawan kecelakaan dengan analisis cusum

Biografi Penulis

Sorang Pakpahan, FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas

Dosen

Referensi

. Saputra, H., Stephane, I., Karfindo, K., & Jelita, S. (2018). Sistem Informasi Geografis Pemetaan Titik Rawan Kecelakaan Daerah Sumatera Barat Berbasis Web. ILKOM Jurnal Ilmiah, 10(2), 225-231.

. Hasdina, N., & Rizal, R. (2019). Implementasi Metode Cusum (Cummulative Summary) Untuk Menentukan Daerah Rawan Kecelakaan Berbasis Web Di Kota Lhokseumawe. TECHSI-Jurnal Teknik Informatika, 8(1), 226239.

. Wedasana, A. S. (2011). Analisis Daerah Rawan Kecelakaan Dan Penyusunan Database Berbasis Sistem Informasi Geografis (Studi Kasus Kota Denpasar). Universitas Udayana..

. Romadoni, R. (2015). Sistem informasi geografis pemetaan lokasi rawan kecelakaan lalu lintas di kota pangkalpinang berbasis web. Pangkal Pinang: STMIK Atma Luhur Pangkalpinang.

. Manik, M. A., Rindengan, Y. D., & Lumenta, A. S. (2018). Sistem Informasi Pemetaan Lokasi Rawan Kecelakaan Lalu Lintas Di Kota Manado Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika, 13(3).

. Prayoga, A. R. (2021). Analisis Titik Rawan Kecelakaan (Black Spot) Di Jalur Pantura Kabupaten Pemalang (Doctoral dissertation, Universitas Pancasakti Tegal).

. Suthanaya, P. A. Penerapan Metode Cusum (Cummulative Summary) Untuk Menganalisis Daerah Rawan Kecelakaan (Studi Kasus Kabupaten Buleleng Di Provinsi Bali).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-23

Cara Mengutip

Pakpahan, S. ., & Lubis, H. I. F. . (2022). Sistem Informasi Geografis Titik Rawan Kecelakaan Lalu-Lintas Berbasis Android (Studi Kasus : Lintas Sumatera Medan-Lubuk Pakam). KAKIFIKOM : Kumpulan Artikel Karya Ilmiah Fakultas Ilmu Komputer, 4(2), 103–109. Diambil dari https://ejournal.ust.ac.id/index.php/KAKIFIKOM/article/view/2341

Terbitan

Bagian

Artikel