Perancangan UI/UX Aplikasi Jasa Desain Grafis Berbasis Mobile Dengan Design Science Research Methodology

Penulis

  • Rizan Ramdani STT Wastukancana, Purwakarta, Indonesia
  • Mochzen Gito Resmi STT Wastukancana, Purwakarta, Indonesia
  • Irsan Jaelani STT Wastukancana, Purwakarta, Indonesia

Kata Kunci:

Desain grafis, User Interface (UI), User Experience (UX), Metodologi Penelitian Ilmu Desain, Skala Kegunaan Sistem

Abstrak

Kebanyakan desainer freelance di Indonesia menggunakan website, aplikasi freelance, atau mendapatkan klien dari kenalan. Saat ini masih sedikit aplikasi yang memadai di Indonesia untuk memudahkan dan menjadi jembatan antara desainer dan klien, serta cenderung fokus pada pembeli saja. Persaingan yang ketat antar desainer di website layanan freelance juga membuat hanya segelintir desainer yang mendominasi dan mendapatkan klien. Perlu adanya suatu aplikasi yang mudah digunakan, dapat diakses melalui ponsel dan mempunyai metode pembayaran yang beragam untuk membuka peluang baru bagi para desainer pemula Indonesia maupun masyarakat yang membutuhkan desain, dengan membuat desain UI dan UX terlebih dahulu diharapkan dapat menghasilkan desain yang sesuai dengan kebutuhan dan memudahkan penggunanya. Penelitian ini menerapkan metodologi penelitian ilmu desain, menurut Ken Peffers dkk. DSRM merupakan metodologi penelitian dalam bidang ilmu desain sistem informasi yang menggabungkan prinsip, praktik, dan prosedur. Pengujian atau pengujian peneliti menguji skala kegunaan sistem (SUS). Hasil dari penelitian ini adalah sebuah prototype aplikasi layanan desain grafis berbasis mobile. Berdasarkan pengujian dengan metode SUS diperoleh rata-rata nilai sus sebesar 81,2. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi jasa desain grafis berbasis mobile dapat diterima karena memenuhi kategori dapat diterima.

Referensi

Tiawan, Musawarman, L. Sakinah, N. Rahmawati, and H. Salman, “Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Tingkat Smk Di Smkn 1 Gunung Putri Bogor,” BERNAS J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 4, pp. 476–480, 2020, doi: 10.31949/jb.v1i4.417.

K. G. Zakaria and B. Almanfaluthi, “Perancangan Visual User Interface Aplikasi Marketplace Jasa Desain ‘DEZIGNID,’” J. Desain Komun. Vis., vol. 2, no. 2, pp. 26–35, 2022.

Wulandari, “483-Article Text-1200-1-10-20190201.pdf.”

A. Wijaya et al., “Perancangan UI/UX Pada Aplikasi WE-CARE Menggunakan Metode Design Thinking,” Progr. Stud. Inform. Fak. Ilmu Komput. dan Rekayasa Univ. Multi Data Palembang, pp. 465–471, 2022.

R. Gunawan, Y. Yudiana, and W. Y. Apriansyah, “Rancang Bangun Company Profile Kebab Ben’s Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter,” Dirgamaya: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi, vol. 1, no. 2. pp. 36–45, 2021. doi: 10.35969/dirgamaya.v1i2.181.

F. G. Sembodo, G. F. Fitriana, and N. A. Prasetyo, “Evaluasi Usability Website Shopee Menggunakan System Usability Scale (SUS),” Journal of Applied Informatics and Computing, vol. 5, no. 2. pp. 146–150, 2021. doi: 10.30871/jaic.v5i2.3293.

A. F. Mira Orisa, “PERANCANGAN WEBSITE COMPANY PROFILE MENGGUNAKAN DESIGN SCIENCE RESEARCH METHODOLOGY (DSRM),” vol. 5, no. 1, pp. 160–164, 2023.

A. Saputra, “Penerapan Usability pada Aplikasi PENTAS Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS),” JTIM J. Teknol. Inf. dan Multimed., vol. 1, no. 3, pp. 206–212, 2019, doi: 10.35746/jtim.v1i3.50.

Sanjaya, “SUS 2o.pdf.” 2021.

E. N. Aziza, “5711-Article Text-20479-1-10-20230520.pdf.”

U. Ependi, “he vs sus.pdf.”

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-16

Cara Mengutip

Ramdani, R. ., Resmi , M. G. ., & Jaelani, I. . (2023). Perancangan UI/UX Aplikasi Jasa Desain Grafis Berbasis Mobile Dengan Design Science Research Methodology. KAKIFIKOM : Kumpulan Artikel Karya Ilmiah Fakultas Ilmu Komputer, 5(2), 48–55. Diambil dari https://ejournal.ust.ac.id/index.php/KAKIFIKOM/article/view/3032

Terbitan

Bagian

Artikel