KUALITAS TES UJI KOMPETENSI GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS YAYASAN SERI AMAL MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.54367/pendistra.v3i2.1070Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas tes Uji Kompetensi Guru SMA Yayasan Seri Amal Medan. Metode penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan pada tanggal 14 Nopember 2020 kepada 99 orang SMA. Tes yang digunakan adalah pilihan ganda dengan lima option yang diujikan secara online dengan google form. Data dianalisis dengan menghitung proporsi siswa yang memilih option setiap butir tes yang diujikan. Dari hasil analisis data ditemukan bahwa (a) butir soal yang diujikan tergolong baik karena ada 77% soal dari 60 butir soal proporsi distraktornya di atas 5% dan (b) butir soal termasuk soal yang sulit karena nilai rata-rata dan median yang rendah.References
Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Akasara, 2005.
_______. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
_______. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Febriana, Rina. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Akasara, 2019.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2008.
Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan. Konsep, Regulasi, dan Kebijakan Penjaminan Mutu Pendidikan. Jakarta: Diklat Pengembangan Kapasitas SDM Penjaminan Mutu Pendidikan, 2012.
Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan (cetakan ke-13) . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.
Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta, 2011.
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Wulandari, Ayu; Eripudin; dan Arifannisa. “Sistem Pendidikan Indonesia dalam Peningkatan Mutu Pendidikanâ€. Jurnal Pendidikan Edu Research. ISSN 2302 0792. Vol. 7 No. 2, Desember 2018.
Yafie, Achmad Safrizal; Suharyono; dan Abdillah, Yusri. “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Jasa terhadap Kepuasan Pelangganâ€, Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 35 No. 2 Juni 2016.