TINGKAT KEPUASAN KEPEMIMPINAN KETUA YAYASAN SERI AMAL MEDAN

Authors

  • Silveria Purba Sekretaris Pengurus Yayasan Seri Amal Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v3i2.1071

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan kepemimpinan  Ketua Yayasan Seri Amal Medan. Jenis penelitian ini termasuk deskriptif kuantitatif. Penelitian  dilakukan pada bulan Nopember 2020 kepada Kepala Sekolah yang di unit TK, SD, SMP, dan SMA yang dikelola Yayasan Seri Amal Medan, Jalan Hayam Wuruk 11 Medan. Jumlah responden adalah 11 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dengan lima option  yang berjumlah 35 pernyataan. Data dianalisis dengan mentabulasi dan menjumlahkan setiap pilihan maupun secara keseluruhan dengan kriteria berikut: 90-100 (sangat baik), 80-89 (baik), 65-79 (cukup baik), di bawah 65 (kurang). Tingkat kepuasan kepemimpinan Ketua Yayasan Seri Amal Medan oleh Kepala Sekolah di unit TK, SD, SMP, dan SMA yang dikelola Yayasan Seri Amal Medan tergolong sangat baik yaitu skor 90,44.

References

Dubrin, Andrew J. 2005. Leadership (Terjemahan). Jakarta: Prenada Media.

Cahyono, Budi. 2005. “Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan, dan Motivasi.†Jurnal Riset Bisnis Indonesia, Vol. 1 Nomor 1, Januari 2005.

Fuad, Mas’ud. 2004. Survai Diagnosis Organisasional. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Handoko. T. Hani, 1995, Manajemen, Edisi 2 Yogyakarta : BPFE

Konz, Harold. 1989. “Managementâ€, 2nd edition, Prenctice Hall.

Mintzberg, Henry. 1983. “Structure in Five, Designing Effecitive Organizationsâ€, Prentice Hall.

Panji, Anaroga dan Sri Suyati. 1995. Perilaku Keorganisasian. Jakarta: Pustaka Jaya.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Robbin, Stephen P. 2006. Perilaku Organisasi (terjemahan). Jakarta: PT Indeks.

Siagian, Sondang P. 2002. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Suit, Yusuf & Almasdi. Aspek Sikap Mental dalam Sumber Daya Manusia. Jakarta : Ghalia Indonesia : 1996

Sutiaadi, H. Noerwijati dan Arman Thoyib. 2001. “Motivasi Karyawan dan Aktivitas Manajerial Kepemimpinan: Pengaruhnya terhadap Kinerja Karyawanâ€. Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol. 94, halaman 95.

Terry, George. 1985. Manajemen, edisi terjemahan. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2001 dan Nomor 28 Tahun 2004 tentang Yayasan.

Waridin dan Masrukhin, 2006. “Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Budaya Organisasi dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawaiâ€. Ekobis Vol. 7, No. 2

Yasin. 2001. Kepemimpinan Manajer: Eksistensi dalam Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajawali Press.

Yukl G.A. (1989), Leadership in Organization (2nd ed) englewod Cliffs N.J : Prentice Hall

Published

2021-01-05

How to Cite

Purba, S. (2021). TINGKAT KEPUASAN KEPEMIMPINAN KETUA YAYASAN SERI AMAL MEDAN. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 3(2), 46–56. https://doi.org/10.54367/pendistra.v3i2.1071

Issue

Section

Artikel