UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN MELALUI METODE BELAJAR KELOMPOK KELAS V SDN 118173 AEK TOROP

Authors

  • Bonur BR Hutagalung SD Negeri 118173 Aek Torop, Labuhanbatu Selatan

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v3i2.1073

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Kristen melalui penerapan belajar kelompok dalam proses pembelajaran pada siswa kelas V SD Negeri 118173 Aek Torop. Penelitian ini dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 118173 Aek Torop yang berjumlah 10 siswa. Metode yang digunakan adalah metode diskusi kelompok, metode tanya jawab dan metode ceramah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen siswa kelas V meningkat. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan rata-rata skor motivasi pada siklus I (70 %) menjadi 100 % pada siklus II.

References

Aprilia, D. S. 2008. Keefektifan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Proses Belajar Mengajar Dalam Bahasa China di Sma Kristen 1 Surakarta. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan). 2013. Buku Guru Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti. Jakarta : Politeknik Negeri Media Kreatif.

Hasibuan, J. J. dan Moedjiono. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Roberts, S.A., Kiselica, M.S., & Fredrikson, S.A. 2002. Quality of Live of Persons With Medical Illnesses : Counseling’s Holistic Contribution. Journal of Counseling & Development.Vol. 80. Supriadi, D. 1999. Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa. Yamin, M. 2007. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press

Published

2021-01-06

How to Cite

Hutagalung, B. B. (2021). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN MELALUI METODE BELAJAR KELOMPOK KELAS V SDN 118173 AEK TOROP. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 3(2), 69–74. https://doi.org/10.54367/pendistra.v3i2.1073

Issue

Section

Artikel