PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.54367/pendistra.v4i1.1334Abstract
Guru masa kini harus mumpuni dan mampu bersaing secara global. Persaingan global menantang guru lebih kompetitif, berpikir sistematis, logis dan konsisten serta dapat bekerja sama. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan pada pembelajaran IPS di sekolah adalah Model pembelajaran Problem Based Learning. Melalui penerapan model Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPS menjadi salah satu pembelajaran berbasis inovasi dan karakter budaya bangsa yang perlu digugu. Pada dasarnya model memberikan penekanan pada penanaman norma, nilai dan karakter sosial budaya bangsa pada diri peserta didik. Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menjadi salah satu solusi untuk dapat memberikan tingkat penguasaan dan kemampuan berpikiri kritis peserta didik.References
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas
Etin Solihatin dan Raharjo. 2005. Cooperative Learning Analisis Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara
Etin Solihatin. 2007. Cooperatve Learning. Jakarta: Bumi Aksara
Masnur Muslich. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara
Made Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara
Nurhadi. (2003). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Paulina Panen. 2005. Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka
Prayitno dan Afriva Khaidir. 2011. Model Pendidikan Karakter Cerdas. Padang: Penerbit dan Percetakan UNP Press
Pritasari, Ajeng Desi Crisandi. 2011. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis
Siswa Kelas Xl IPA 2 Sekolah Menengah Atas Negeri Yogyakarta Pada Pembelajaran
Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI). Skripsi.
Universitas negeri yogyakarta.
Rusma. 2010. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme: Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sudrajat, A. 2011. Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Jakarta: Rineka Cipta
Saefuddin, A. dan Berdiati, I. 2014. Pembelajaran Efektif. Bandung: Rosdakarya
Splitter, L.J., 1991. Critical Thinking: What, Why, When and How, Educational Philosophy and Theory, 23(1): 89-109
Tan, O.S., 2004. Student’s Experience in Problem Based Learning: Three Blind Mice Episode or Educational Innovation, Innovation in Education and Teaching International, 41:169- 184
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Jakarta: Kencana Prenada Media Group