PENGGUNAAN MEDIA KARTU KOSAKATA DALAM KEMAMPUAN BERBICARA ANAK DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.54367/pendistra.v4i1.1335Abstract
ABSTRAKGuru memegang peranan strategis dalam perkembangan kognitif, afektif dan psikomotorik seorang anak termasuk kemampuan berbicara anak. Guru diharapkan mampu menggunakan media untuk membantu perkembangan anak. Penggunaan media kartu kosakata hadir sebagai salah satu alternatif yang digunakan guru dalam melatih dan meningkatkan kemampuan berbicara anak di sekolah dasar. Guru harus memiliki kemampuan dalam menggunakan media kartu kosa kata agar anak terampil dalam berbicara di sekolah dasarReferences
Asep Jihad dan Abdul Haris. 2013. Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Azhar Arsyad. 2013. Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Ega Rima Wati. Ragam Media Pembelajaran.Penerbit: Kata Pena.
Fajar Setiawan. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Kertas Origami. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD).1(2):78-85.Diakses dari: https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD/article/download/1905/1505/&ved=2ahUKEwiyubaAhdvlAhXCbn0KHQvcDjMQFjAKegQIAxAB&usg=AOvVaw0NnM_YzYhfqkrnGcMnaZif. Tanggal 28 September 2019.
Karo-karo, Isran Rasyid 2018.Manfaat Media Dalam Pembelajaran.Diakses dari:https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/download/1778/1411&ved=2ahUKEwjZ0_bC4sHmAhWDfH0KHX_sBRcQFjAGegQICRAF&usg=AOvVaw1LHuPZa8e_JCXjCmKrTVFc pada tanggal 10 November 2019.
Kustandi, Cecep, Bambang Sujipto. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia
Lavelle, Steven M., Virtual Reality, University of Illinois;, 2016, 120-145, http://vr.cs.uiuc.edu/
Nushrotuddiniyah. 2018. Pengaruh Media Kertas Lipat (Origami) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Simetri Bangun Datar di MIN 4 Ngantru Tulungagung. Diakses dari: Repo.iaintulungagung.ac.id/8069 /BAB%20II.pdf Pada tanggal 15 September 2019. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung: Tidak diterbitkan.
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kharisma Putra Utama.
Sardiman. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.
Sastromiharjo, Andoyo. 2008. Media dan Sumber Pembelajaran. Bandung: UPI
Siantayani, Yulanti. 2010. Misteri Aktivitas Otak Tengah. Semarang: Kriteria Publisher
Purba, Natalina. 2021. Pengembangan Media Kartu Kosakata untuk Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Tunagrahita Mampu Latih. Bandung: Widina Bhakti Persada