PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn SISWA KELAS VIII DI SMP SWASTA CITRA HARAPAN PERCUT SEITUAN
DOI:
https://doi.org/10.54367/pendistra.v4i1.1337Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif numbered  heads together terhadap hasil belajar PPKn siswa pada materi Sumpah pemuda dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di kelas VIII SMP Swasta Citra Harapan Percut Seituan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kealas ( PTK ). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 30 orang . Tujuannya adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model koperatif numbered heads together .  Dari analisis hasil studi tentang pembelajaran yang diperoleh melalui pengamatan kegiatan guru dan siswa dikategorikan baik, dan hasil pembelajaran siswa telah diselesaikan baik secara individu dan klasikal. Pada siklus I hasil ketuntasan yang dicapai yaitu 63 % , karena belum mencapai hasil ketuntasan yang efektif secara klasikal yaitu ≥ 85 %  maka dilanjutkan ke siklus II dan diperoleh hasil ketuntasan klasikal sebesar 90 % atau meningkat 27 %  Dengan demikian implementasi pembelajaran menggunakan model numbered heads together  untuk materi sumpah pemuda dalam bingkai bhinneka tunggal ika dikelas VIII mempunyai pengaruh sehingga meningkatkan dan mempengaruhi hasil belajar siswaReferences
Anita Lie 2010. Cooperative learning. Jakarta: Gramedia
Arikunto Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto Suharsismi 1990.Prosedur penelitian suatu pendekatan praktis. Jakarta : Rieneka Cipta
Baharuddin dan Wahyuni . 2015.Teori belajar dan pembelajaran. Ar Ruzz : Media
Ibrahim dkk.2000. Pembelajaran kooperatif.Surabaya:University Press
Oemar hamalik 2006. Proses belajar mengajar. Bandung: Bumi aksara
Rianto .2009.Aplikasi metode penelitian.Yogjakarta: Nuha Medica
Sudjana, Nana 2009. Penilaian hasil proses belajr mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya
Trianto.2012. Mendesain model pembelajaran inovatif progresif. Jakarta: Kencana prenada group
Zainal, Aqib dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SMP, SMA. Bandung: Yrama Widya