PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn SISWA KELAS VIII DI SMP SWASTA CITRA HARAPAN PERCUT SEITUAN

Authors

  • Zulmawati Zulmawati STKIP Riama Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v4i1.1337

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh model pembelajaran kooperatif numbered  heads together terhadap hasil  belajar PPKn siswa pada materi Sumpah pemuda dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di kelas VIII SMP Swasta Citra Harapan Percut Seituan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kealas ( PTK ). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 30 orang . Tujuannya adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model koperatif numbered heads together .  Dari analisis hasil studi tentang pembelajaran yang diperoleh melalui pengamatan kegiatan guru dan siswa dikategorikan baik, dan hasil pembelajaran siswa telah diselesaikan baik secara individu dan klasikal. Pada siklus I hasil ketuntasan yang dicapai yaitu 63 % , karena belum mencapai hasil ketuntasan yang efektif secara klasikal yaitu ≥ 85 %  maka dilanjutkan ke siklus II dan diperoleh hasil ketuntasan klasikal sebesar 90 % atau meningkat 27 %  Dengan demikian implementasi pembelajaran menggunakan model numbered heads together  untuk materi sumpah pemuda dalam bingkai bhinneka tunggal ika dikelas VIII mempunyai pengaruh sehingga meningkatkan dan mempengaruhi hasil belajar siswa

Author Biography

Zulmawati Zulmawati, STKIP Riama Medan

Google Scholar Scopus ID : 57200984420 Orcid ID : orcid.org/0000-0002-2258-7418

References

Anita Lie 2010. Cooperative learning. Jakarta: Gramedia

Arikunto Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto Suharsismi 1990.Prosedur penelitian suatu pendekatan praktis. Jakarta : Rieneka Cipta

Baharuddin dan Wahyuni . 2015.Teori belajar dan pembelajaran. Ar Ruzz : Media

Ibrahim dkk.2000. Pembelajaran kooperatif.Surabaya:University Press

Oemar hamalik 2006. Proses belajar mengajar. Bandung: Bumi aksara

Rianto .2009.Aplikasi metode penelitian.Yogjakarta: Nuha Medica

Sudjana, Nana 2009. Penilaian hasil proses belajr mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya

Trianto.2012. Mendesain model pembelajaran inovatif progresif. Jakarta: Kencana prenada group

Zainal, Aqib dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SMP, SMA. Bandung: Yrama Widya

Published

2021-07-07

How to Cite

Zulmawati, Z. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn SISWA KELAS VIII DI SMP SWASTA CITRA HARAPAN PERCUT SEITUAN. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 4(1), 35–44. https://doi.org/10.54367/pendistra.v4i1.1337

Issue

Section

Artikel