PENGARUH PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP RK DELI MURNI BANDAR BARU
DOI:
https://doi.org/10.54367/pendistra.v4i1.1341Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan youtube sebagai media pembelajaran terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP RK Deli Murni Bandar Baru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra eksperimen (pra-exsperimental design) dengan rancangan penelitian one grouppretest-posttest design. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yang terbagi menjadipretest dan posttest. Analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menujukkan bahwa penggunaan media youtube berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP RK Deli Murni Bandar BaruReferences
Adah, dkk. 2016. Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Berdasarkan Hasil Wawancara di Kelas VIIIA1 SMP N 1 Singaraja.Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra indonesia Undiska. 5 (3).
Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa
Devi, dkk. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks dengan Model Pembelajaran Discovery Learning. Samarinda. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya,1(2).
Purba, L. 2012. Pengaruh Model Kreatif Treffinger terhadap Keterampilan Menulis Narasi Sugestif. Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 9(1).
Ramadania, F. 2016. Konsep Bahasa Berbasis Teks pada Buku Ajar Kurikulum 2013. Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1 (2).
Sudjana, dkk. 2013. Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo