MEDIA KARTU KOSA KATA DAN PEMBELAJARAN BAHASA DALAM MENUNJANG PROFESIONALISME GURU

Authors

  • Nancy Angelia Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Restio Sidebang Universitas Quality

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v4i2.1616

Keywords:

Media kartu kosa kata, pembelajaran bahasa

Abstract

Media kartu kosa kata dan Pembelajaran bahasa. Media pembelajaran memegang peranan penting dalam proses belajar mengajar di kelas. Proses pembelajaran itu tidak lepas dari penggunaan media digunakan oleh guru secara kontiunitas dan komprehensif tentunya akan menunjang profesionalisme guru, terkhusus guru bahasa. Dibutuhkan keterampilan seorang guru bahasa dalam menggunakan media kartu kosa kata agar pembelajaran yang menarik, inovatif dan menyenangkan. Dibutuhkan kesadaran guru senantiasa dan akrab dengan media pembelajaran. Dengan terampil menggunakan media pembelajaran  kartu kosa kata dalam proses belajar mengajar merupakan salah satu menunjang profesionalisme guru bahasa terkhusus di tingkat usia dini dan sekolah dasar. Jika dipahami dengan baik, sesungguhnya media kartu kosa kata menjadi jawaban bagi guru bahasa untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak, baik membaca, menulis, mendengarkan dan berbicara, selain keterbacaan ukurannya yang besar membuat media ini akan sangat membantu proses kegiatan belajar mengajar yang bermakna dan menyenangkan

Author Biography

Nancy Angelia Purba, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Google Scholar Scopus ID : 57200984420 Orcid ID : orcid.org/0000-0002-2258-7418

References

Aini, N.J., dan Shahverdian. 2007. Tahap Penggunaan Media Komputer (perisian Kursus dan Internet) Dalam kalangan Guru-guru Sains dan Matematika Daerah Temerloh.

Edu 5300 Universiti Putra Malaysia.

Azhar, A. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo

Danim, S., 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Profesionalisme Guru. Bandung: Pustaka Setia.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran (Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran). Yogyakarta: Gava Media

Djohar. 2006. Guru Pendidikan dan Pembinaannya (Penerapannya dalam pendidikan dan UU Guru). Yogyakarta: Grafika

Rumampuk, D.B. 1998. Media Instruksional IPS. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Sandewita, N. 2014. Media Pembelajaran 3Dimensi. (online).Tersedia: http://www.vh asande.blogspot.com/2014/04/m edia-pembelajaran-3- dimensi.html?m=1

Supardi, Kanisius. 2017. Media Visual dan Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal inovasi Pendidikan Dasar Volume 1 No, 2 tahun 2017

Sanjaya, Wina. 2016. Strategi pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Sardiman. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Sastromiharjo, Andoyo. 2008. Media dan Sumber Pembelajaran. Bandung: UPI

Siantayani, Yulanti. 2010. Misteri Aktivitas Otak Tengah. Semarang: Kriteria Publisher

Purba, Nancy Angelia. 2016. Penerapan Teknik Rekayasa Teks dengan Media Komputer dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi. Vol. 6 No. 3 Desember 2016

Purba, Nancy Angelia. 2021. Meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan menulis puisi dengan menggunakan media visual tiga dimensi (3D) kelas V SD Negeri 091281 batu IV. Jurnal Aquinas Vol. Vol. 4 No. 2 (2021): Juli 2021

Purba, Natalina. 2021. Pengembangan Media Kartu Kosakata untuk Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Tunagrahita Mampu Latih. Bandung: Widina Bhakti Persada

Downloads

Published

2022-01-06

How to Cite

Purba, N. A., & Sidebang, R. . (2022). MEDIA KARTU KOSA KATA DAN PEMBELAJARAN BAHASA DALAM MENUNJANG PROFESIONALISME GURU. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 4(2), 83–91. https://doi.org/10.54367/pendistra.v4i2.1616

Issue

Section

Artikel