ANALISIS DESKRIPTIF PROSES PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR YAYASAN SERI AMAL MEDAN

Authors

  • Losten Tamba FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v4i2.1619

Keywords:

analisis deskriptif, pembelajaran daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis proses pembelajaran daring di sekolah dasar yang dikelola Yayasan Seri Amal Medan tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian dilakukan secara deskriptif kuantitatif pada bulan Juni 2021 kepada siswa kelas 4 dan  5 SD Santo Antonius 1 dan 2 Medan, SD St. Paulus Sidikalang, SD Santo Pius Parsoburan, dan SD Santo Ignatius Medan yang berjumlah 621 siswa (responden). Data dikumpulkan dengan menggunakan angket skala likert yang mencakup perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan pengawasan pembelajaran daring. Data dianalisis dengan menghitung proporsi setiap pilihan instrumen. Dari penelitian ditemukan bahwa (a) pembelajaran didominasi dengan penggunaan whattsApp (WA), (b) sebagaian besar pembelajaran siswa didampingi oleh orangtua, (c) waktu melakukan pembelajaran dilakukan dengan tepat sesuai alokasi waktu, (d) guru menyampaikan materi dengan jelas namun perlu menggunakan model/strategi pembelajaran yang lebih tepat, dan (e) guru melakukan penilaian sesuai tujuan dengan bahasa yang mudah dipahami.

Author Biography

Losten Tamba, FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Google Scholar Scopus ID : 57200984420 Orcid ID : orcid.org/0000-0002-2258-7418

References

Affandi, Muhammad. 2013. Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang : UNISSULA Press

Arikunto Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Akasara, 2005.

_______. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

_______. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Fujiawati, Fuja Siti. 2016. Pemahaman Konsep Kurikulum dan Pembelajaran dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni, Vol.1, o.1, hlm.16-28

Haidir, dkk. 2014. Strategi Pembelajaran (Suatu Pendekatan Bagaimana Meningkatkan Kegiatan Belajar Siswa Secara Transformatif). Medan : IKAPI

Hamdani, dkk. 2018. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV Pustaka Setia

Handarini, Oktafia Ika. 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), Vol.8,No.3, hlm. 496-503

Helmiati. 2012. Model Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Pressindo

Husannah, dkk. 2016. Belajar Dan Pembelajaran. Malang : UMMPress

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 36603/A.A5/OT/2020 tentang Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) di Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan

Majid, Abdul. 2013. Perencanaan Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Ngalimun, dkk. 2017. Strategi Dan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Pressindo

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Sanjaya, H, Wina. 2017. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group

Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta, 2011.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.

Suyono, dkk. 2016. Belajar Dan Pembelajaran : Teori Dan Konsep Dasar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2022-01-06

How to Cite

Tamba, . L. . (2022). ANALISIS DESKRIPTIF PROSES PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR YAYASAN SERI AMAL MEDAN. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 4(2), 115–126. https://doi.org/10.54367/pendistra.v4i2.1619

Issue

Section

Artikel