ANALISIS KEMAMPUAN MENGAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SEMESTER VI UNIVERSITAS KATOLIK SANTO THOMAS
Keywords:
Analisis, kemampuan, mengajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mengajar mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia semester VI pada Matakuliah Mikroteaching. Populasi Penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Katolik Santo Thomas. Sampel penelitian adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 12 orang: 10 orang perempuan dan 2 orang laki-laki. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Alat yang dipergunakan untuk mengukur penelitian ini adalah lembar rubric penilaian keterampilan mengajar. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh mahasiswa dalam praktek megajar selama 2 kali pelaksanan antara lain: (1) Keterampilan membuka Pelajaran kriteria terampil dengan rata-rata nilai 73,2 dan 81 ;(2) Keterampilan Menjelaskan kriteria terampil dengan rata-rata nilai 80 dan 83 ;(3) Keterampilan Bertanya kriteria terampil dengan rata-rata nilai 81,2 dan 84 ;(4) Keterampilan Mengadakan Penguatan kriteria terampil dengan rata-rata nilai 76 dan 82; (5) keterampilan Mengadakan Variasi kriteria terampil dengan rata-rata nilai 72 dan 83 ; (6) Keterampilan Menutup Pelajaran kriteria terampil dengan rata-rata nilai 78 dan 82 ;dan (7) Keterampilan Membuat RPP kriteria terampil dengan rata-rata nilai 76 dan 82,2. Dari hasil analisis penelitian ditemukan bahwa kemampuan mengajar mahasiswa program studi pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia semester VI pada Matakuliah Microteaching sudah baik degan penguasaan konsep dasar mengajar yang baik.References
Ambarawati, M. (2015). Analisis Keterampilan Mengajar Calon Guru Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Micro Teaching. Jurnal Pedagogia, 5 (1),81 90
Buchari, Alma. (2009). Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Hakim, N, Yudiyanto, dkk. (2020). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Tadris Biologi. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi). 5(1), 56-63.
Putri Agustina, Alanindra Saputra. (2017). Profil Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Biologi Pada Mata Kuliah Microteaching. Jurnal Bioedukatika, Vol v no 1, halaman 18-28.
Rubino, Rubiyanto.( 2011). Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: FKIP UMS
Sanjaya, Wina. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Shoffan Shofa . (2016). Keterampilan Dasar Mengajar Microteaching. Surabaya: Mafendra Press.
Siswanto. (2010). Tingkat Penguasaan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi UNY. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol VIII, no.2, halaman 41-51.
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.