PENDIDIKAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 MENUJU SOCIETY 5.0
Keywords:
Pendidikan, Revolusi Industri 4.0, Society 5.0Abstract
Pendidikan sangatlah penting dan pendidikan harus selalu berkembang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. Pesatnya perkembangan teknologi menuntut kita untuk mengubah sistem pendidikan dan manusia untuk mengikuti alur perkembangan zaman. Pendidikan era revolusi Industri 4.0 menitikberatkan pada jaringan internet dan teknologi informasi yang menjadi sendi dalam sistem pembelajaran. Blended learning, case base learnig, dan hybrid learning adalah model pembelajaran yang dipakai dalam pendidikan era revolusi 4.0. Lalu muncullah society 5.0 sebagai bentuk perubahan industri dari segala aspek kehidupan, terutama pendidikan di mana sebuah konsep yang memungkinkan kita untuk membuat ilmu pengetahuan berbasis modern untuk melayani manusia sesuai dengan perkembangan zaman. Era society 5.0 merujuk pada kecakapan abad ke-21yang berkaitan dengan perkembangan teknolongi yang sangat pesat. Era society 5.0 membuat manusia menjadi otomatis dan praktis. Jadi, society 5.0 dikendaikan oleh komputer dan internet sehingga teknologi tidak menguasai manusia melainkan manusia mendapatkan kualitas hidup yang nyaman dan mapan.References
Harayama, Y. 2019. Yuko Harayama: Why Society 5.0 [Video File]. Retrieved From Https://Www.Ted.Com/Talks/Yuko_Harayama_Why_Society_5.0
Jamil, Suprihatiningrum. 2014. Strategi Pembelajaran Teori dan Apikasi. Jogyakarta: Ar Ruzz Media
Kokom Komalasari. 2013. Pembelajaran Kontekstual konsep dan aplikasi. Bandung : Revika Aditama
Mohammad, Jauhar. 2018. Implementasi PAIKEM. Jakarta: Prestasi Pustakarya
Mayumi Fukuyama. 2018. Society 5.0: Aiming for a New HumanCentered Society. https://www.jef.or.jp/journal/ Japan spotlight
Rojko, A. (2017). Industry 4.0 Concept: Background And Overview. International Journal Of Interactive Mobile Technologies (Ijim), 77–90.
Schneider, J. (2001). The Global Technology Revolution: Bio/Nano/Materials Trends And Their Synergies With Information Technology By 2015. California: Rand Corporation.
Wina Sanjaya. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Warsono dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
W, Gulo. 2011. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : PT. Grasindo