PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VII SMP SWASTA

Authors

  • Risma Hartati STKIP Riama Medan

Keywords:

Metode role playing, hasil belajar, IPS

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode role playing terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Swasta Bersinar materi manusia, tempat dan lingkungannya. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain one group pretest posttest design dengan jumlah sampel jenuh berjumlah 21 orang. Setelah diadakan perhitungan diperoleh thitung sebesar 6,327 dan ttabel sebesar 2,085. Artinya, thitung > ttabel  maka H0 ditolak dan Ha diterima. Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII pada materi manusia, tempat dan lingkungannya di SMP Swasta Bersinar.

References

Beta, P. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 48-52.

Feni. (2014) Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Purba, Nancy Angelia Purba. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasa Menulis Puisi dengan Menggunakan Media Visual Tiga Dimensi (3D) kelas V SD Negeri 091281 Batu IV. Jurnal Aquinas Vol. 4 No. 2 (2021). Juli 2021

Wulandari, R., Timara, A., Sulistri, E., & Sumarli, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media video Terhadap Hasil Bealajar Kognitif Siswa SD. Orbita: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan fisika, 7(2)

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Hartati, R. . (2022). PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VII SMP SWASTA. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 5(2), 99–104. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/2358

Issue

Section

Artikel