PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Authors

  • Dian Arisetya STKIP Riama Medan
  • Dian Mulriani STKIP Riama Medan

Keywords:

mmodel problem based learning, hasil belajar, IPA

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain one group pretest posttest dengan jumlah responden 30 siswa. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh model problem based learning  terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kotapinang dengan materi sistem reproduksi. Setelah dilakukan perhitungan maka diperoleh sebesar 9,305 dan ttabel sebesar 2,045. Artinya, thitung > ttabel  maka H0 ditolak dan Ha diterima. Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IX pada materi sistem  reproduksi di SMP Negeri 1 Kotapinang.

Author Biography

Dian Arisetya, STKIP Riama Medan

Dosen

References

Ananda, R. (2017). Penerapan Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SD. JS (Jurnal Sekolah), 1(2), 66-75.

Arikunto, & Suharsimi. (n.d.). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Dangnga, Muhammad & Andi. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran Inovatif. Makasar Sulawesi Selatan: Sibuku Makasar.

Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Asep Jihad dan Abdul Haris. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Presindo.

Leo Sutrisno, dkk (2008). Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Direktor Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Miftahul Huda. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Subana. (2011). Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Arisetya, D. ., & Mulriani, D. . (2022). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 5(2), 112–118. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/2360

Issue

Section

Artikel