UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING PADA SISWA SMP
Keywords:
Hasil Belajar, IPA, metode problem solvingAbstract
Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Simpang Empat melalui penggunaan metode problem solving dengan materi ciri-ciri makhluk hidup. Penelitian yang dilakukan berdasarkan permasalahan yang di kelas ini dilakukan dengan 2 siklus. Siklus I diperoleh nilai rata-rata 68 sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 80. Aktivitas guru dilihat dari observasi siklus I sebesar 65% sedangkan pada siklus 85%, aktivitas siswa pada siklus I ditemukan sebesar 72 sedangkan pada siklus II sebesar 86. Dari hasil analisis dan pembahasan membuktikan bahwa pembelajaran IPA melalui penggunaan model problem based learning suhu materi dan perubahannya dapat meningkatkan hasil belajar.References
Arikunto, & Suharsimi. (2011). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineke Cipta.
Ema Wiji Astutik dkk. 2021. Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Profesi Kependidikan. Vol.2 No. 1 April 2021
Ketut, Sutarmi. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Problem Solving Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1 (2).
Purba, Nancy Angelia. 2016. Penerapan Teknik Rekayasa Teks dengan Media Komputer dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi. Jurnal Tematik. Vol. 6 No. 3 Desember 2016
Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung: Alvabeta.
Tambunan, Toman Sony. 2015. Pemimpin dan Kepemimpinan. Yogyakarta: Graha Ilmu