PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 21 MEDAN
Keywords:
Make a match, hasil belajar, PKNAbstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan pada mata pelajaran PKN tepatnya pada kelas VII SMP Negeri 21 Medan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes objektif. Hasil yang diperoleh pada siklus I adalah sebesar 65% pada lembar observasi yang dinyatakan pada kategori cukup, sedangkan nilai rata-rata secara individu yang diperoleh sebesar 63 kategori cukup. Hasil pada siklus II mengalami peningkatan pada lembar observasi guru sebesar 85% dan begitu juga pada lembar siswa diperoleh nilai 85 kategori baik sedangkan rata-rata hasil secara individu 78,63. Kesimpulan akhir ditemukan peningkatan secara signifikan dari siklus I ke siklus II dari lembar observasi guru dan siswa serta hasil belajar pada siswa kelas VII dengan menggunakan model pembelajran make a match pada mata pelajaran PKN.References
Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Istarani. 2017. Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo
Rambe, Juli Asima, Erika, Nancy Angelia Purba. 2022. Pengaruh Penggunaan Media scrapbook terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PKn Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Basicedu. Vol. 6 No. 5 tahun 2022 Hal. 7822-7830
Syaiful, Sagala. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wahab. 2017. Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta