ANALISIS PRINSIP KERJA SAMA DALAM NASKAH DRAMA YANG BERJUDUL ROMEO & JULIET KARYA WILLIAM SHAKESPEARE

Authors

  • Laili Ramadhani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Mimas Ardhianti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Henricus Supriyanto Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Prinsip Kerja sama George Yule, Naskah, Drama

Abstract

kuantitas, Maksim kualitas, maksim relevansi, maksim pelaksanaan dalam naskah drama yang berjudul Romeo & Juliet karya William Shakespeare. Masalah dalam penelitian ini menganalisis prinsip kerja sama yang di dalamnya terdapat maksim kuantitas, Maksim kualitas, maksim relevansi, maksim pelaksanaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu naskah drama yang berjudul Romeo & Juliet karya William Shakespeare. Data dalam penelitian ini adalah seluruh percakapan antara tokoh-tokoh yang ada dalam naskah drama tersebut dengan menganalisis pelangggaran dan pematuhan pada maksim kuantitas, Maksim kualitas, maksim relevansi, maksim pelaksanaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan mencermati dialog untuk menyesuaikan dengan data yang akan ditemukan, mengklasifikasikan data sesuai dengan kategori, mendeskripsikan setiap hasil analisis. Hasil penelitian ditemukan pelanggaran dan pematuhan pada maksim kuantitas, Maksim kualitas, maksim relevansi, maksim pelaksanaan.

References

Chaer, Abdul. (2014). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Leech, Geoffrey. (1993). Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).

Putrayasa, I. B. (2014). Pragmatik. Yoyakarta: Graha Ilmu.

Purbosari, Adiella dan Taufik Nurhadi. (2020). Penyimpangan Prinsip Kerja Sama dalam Program Televisi Waktu Indonesia Bercanda (WIB) di NET: Kajian Pragmatik. Jurnal Buana Bastra, 7(2), 1-7.

ShakeSpearre, William. (2018). Romeo & Juliet. Yogyakarta: Narasi

Yule, George. (2014). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zahara, Yulita. (2021). Pelanggaran Prinsip Maksim Kerja Sama Grice dan Fungsinya dalam Serial Prancis ‘EXTR@ FRANÇAIS’ Episode 1-4. Skripsi. Ilmu Budaya. Universitas Brawijaya. Malang.

Pendistra

Downloads

Published

2023-07-11

How to Cite

Ramadhani, L., Ardhianti, M. ., & Supriyanto, H. . (2023). ANALISIS PRINSIP KERJA SAMA DALAM NASKAH DRAMA YANG BERJUDUL ROMEO & JULIET KARYA WILLIAM SHAKESPEARE. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 6(1), 1–12. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/2726

Issue

Section

Artikel