PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMA SWASTA ASISI SIANTAR

Authors

  • Bronson Zemi Tanjung FKIP UNIKA Santo Thomas Medan
  • Asnita Hasibuan FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Candra Ronitua Gultom FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Losten Tamba FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v6i1.2736

Keywords:

Kemampuan menulis cerpen, model pembelajaran, cerpen

Abstract

Abstrak

References

Abidin, Yunus, Tita, Mulyati, Hana. 2017. “Developing Literacy Learning Model Based on Multiliteracy, Integrated, and Differentiated Concept at Primary School”. Jurnal Cakrawala Pendidikan. No. 2, Juni 2017.

Abidin, Yunus. 2015. Pembelajaran Multiliterasi. Bandung: Refika Aditama.

Afandi, Muhamad, Chamalah, Evi, dan Wardani, Oktarina Puspita. 2013. Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang: UNISSULA PRESS.

Agus, N & Retno Purnama Irawati. 2016. Pembelajaran Menulis Cerpen. Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Akhadiah, Sabarti, Maidar G. Asjad, Sakura H. Ridwan. 2004. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Amalia, Sely. 2006. Pembelajaran Menulis Cerita Pendek melalui Pemanfaatan Karikatur Media Massa dengan Teknik Gaya Personal. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia.

Ansari, Mimi. 2012. “Menulis Cerpen dengan Model Pembelajaran Learning Community Pada Siswa Kelas X SMA”. Jurnal Edukasi Cultura. 44-51.

Arikunto, 2020: 173-203. Prosedur Penelitian. Jakarta: Aadi Mahasatya

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Azizah, F., & Ramadhani, F. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Multiliterasi Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,

Helaludin & Awalludin. 2020. Keterampilan Menulis Akademik Panduan Bagi Mahasiwa di Perguruan Tinggi. Banten: Media Madani

Indah Hanifa. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Multiliterasi Trhadap kemampuan Menulis Cerpen Oleh Siswa Kelas X. Jurnal Citra Pendidikan

Kholil, Syukur. 2016. Metodologi Penelitian Komunikasi. Medan: Perdana

Komaidi, Didik. 2011. Menulis Kreatif. Yogyakarta: Sabda Media.

Kuntjojo. 2009. Metodologi Penelitian. Kediri.

M. Siddik. 2018. Dasar-dasar Menulis dengan Penerapannya. Malang: Tunggal Mandiri Publishing

Mubaroq, Akhmad Khusni dan Subyantoro. (2017). “Keefektifan Pembelajaran Menulis Cerpen dengan Model Sinektik dan Model Kreatif-Produktif pada Peserta Didik SMA berdasarkan Tipe Pemerolehan Informasi”. SELOKA

Nurhayati, Nunik. 2015. “Model Pembelajaran Menulis Cerita Pendek dengan Menggunakan Teknik Brainwritting yang Berorientasi pada Kreativitas Siswa”. Jurnal Riksa Bahasa. Vol 1, No 1, Maret 2015.

Priyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Zifatama Publishing.

Pendistra

Downloads

Published

2023-07-11

How to Cite

Tanjung, B. Z., Hasibuan, A. ., Gultom, C. R., & Tamba, L. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMA SWASTA ASISI SIANTAR. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 6(1), 40–58. https://doi.org/10.54367/pendistra.v6i1.2736

Issue

Section

Artikel