MENGEMBANGKAN KOSAKATA ANAK TAMAN KANAK-KANAK TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA YAYASAN KARYA DHARMA WANITA 02 TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.54367/pendistra.v7i2.4481Keywords:
Pemerolehan Bahasa, Tunarungu, PsikolinguistikAbstract
Anak Tunarungu menunjukkan kesulitan mendengar dari kategori ringan sampai berat, digolongkan ke dalam kurang dengar dan tuli. Tulisan ini dalam bentuk kualitatif tentang anak tunarungu dan solusi yang dimungkinkan untuk mengatasi kebutuhan khusus. diantaranya : melalui media pembelajaran dengan menunjukkan foto-foto, video, kartu huruf, kartu kalimat, anatomi telinga, miniatur benda, finger elphabet, model telinga, torso setengah badan dll. Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah untuk memberikan pengetahuan dan wawasan tentang pemerolehan kosakata anak tunarungu yang terdapat dalam bahasa yang mereka ucapkan tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan teori Psikolinguistik Dardjowidjojo, dengan metode kualitatif untuk mendeskripsikan pemerolehan kosakata. Dari hasil analisis pemerolehan kosakata pada anak tunarungu di Sekolah SKH YKDW 02 Karawaci Tangerang diperoleh kosakata yang termasuk ke dalam kata benda, kata sifat dan kata keterangan tempat yang berhasil mereka sebutkan. Luaran yang akan dihasilkan dari penelitian ini salah satunya adalah jurnal reputasi nasional yang terpublikasi yang dapat digunakan referensiReferences
Chaer, A. 2009. Psikolinguistik Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka Cipta. Chaer, Abdul. 2003. Psikolingustik Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, A. 2007. Leksikologi dan Leksikografi Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Dardjowidjojo, Soenjono. 2005.Psikolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Kridalaksana, Harimurti. 2008 . Kamus Linguistik Edisi keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kutha, Nyoman. 2010 . Metodelogi Penelitian Kajian Buadaya Dan Ilmu-ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Celeban Timur: Pustaka Belajar.
Suhardi, 2003. KamusIstilah Bahasa dan Sastra Indonesia.Banten: Yayasan Pendidikan Islam Nurul falah ( YAPIN ).
Tarigan, Hendri Guntur. 2009. Psikolinguistik. Bandung: Angkasa.
Jurnal: Ana Lestari dan Maria L.A.S. b. Pemerolehan Kosa Kata Bahasa Indonesia Anak usia 3-6 Tahun Pada Anak Usia Dini Bina Harapan. (http://download.portalgaruda.org/article._php?article=96569&val=4806) diakses pada tanggal 28 Mei 2018. 11:31
Azis. 2010. Pemerolehan Kosa Kata Bahasa Pertama anak Kedua Usia 16 Bulan.
Fathia Noor Azizah Pemerolehan Kosa Kata Anak usia 3-5 Tahun Di PAUD Kelompok Bermain Inklusif Anak Ceria Airlangga.
Jumiatun. 2017.Peningkatan penguasaan Kosakata Pada Anak Tunarungu Kelas Dasar 1 (satu) Mengguanakan Media Flashcard Di SLB Witaya Dharma 1 Sleman. http://eprints.uny.ac.id/48604/1/Jumiatun_12103244045.pdf diakses pada tanggal 28 Mei 2018