PENDEKATAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MENGUNGKAPKAN GAGASAN SECARA LISAN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL
DOI:
https://doi.org/10.54367/pendistra.v7i2.4485Keywords:
Keterampilan, Berbicara, Audio Visual, Pendekatan KooperatifAbstract
Metode pengajaran adalah salah satu elemen yang juga memengaruhi kesuksesan dalam proses belajar mandiri. Penerapan metode ini terkait dengan keterampilan dosen dalam merancang pengajaran menuju pembelajaran Mengembangkan kemandirian dalam merencanakan pembelajaran untuk semester ini. Salah satu cara belajar sendiri yang sering digunakan adalah metode kolaboratif. meningkatkan kemampuan sosial.Berdasarkan hasil observasi yang saya lakukan di SD Pancasila, Peneliti mendapati bahwa proses pembelajaran belum optimal karena kurangnya penggunaan media yang sesuai. keterampilan berbicara peserta didik masih kurang. Pendekatan Kooperatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Mengungkapkan Gagasan Secara Lisan Melalui Media Audio Visual Dalam Tema “Berbagai Tanda Peringatan Di Tempat Umum” Siswa Kelas 2 SD Pancasila. Penelitian ini telah dilakukan berdasarkan kriteria penilaian yang memiliki empat level, yaitu kurang, cukup, baik, dan sangat baik. Pelaksanaan tindakan berlangsung satu kali mengikuti Pembelajaran dalam Bahan Ajar terbagi menjadi tiga fase berbeda, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Dalam penelitian ini, para peneliti menilai kemajuan kemampuan berbicara siswa setelah pembelajaran menggunakan media audio visual. dan setelah menggunakan media. Menghasilkan dari 4 siswa yang di lakukan penerapan media ini 4 siswa tersebut memiliki kemampuan sangat baik dalam berbicara dari hasil penilaian rubrik yang telah di buat. Peningkatan kemampuan berbicara dapat dilihat dari hasil skor yang di dapatkan siswa dalam pengucapan tanda peringatan yang ada.References
Anjelina, Nadya, and Wini Tarmini. “Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022): 7327–33. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3495.
Anwar, Sjaeful. Four Steps Teaching Material Development. Edited by Ida Hamidah. Cetakan 1. Bandung: Indonesia Emas Group, 2023.
https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Pengembangan_Bahan_Ajar_FOUR_STEP/ZXWyEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1.
Arif, Muhammad, and Eby Waskito Makalalag. Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab. Edited by Munirah. Cetakan 1. Solok: Insan Cendekia Mandiri,2020.https://www.google.co.id/books/edition/Pengembangan_media_pembelajaran_bahasa_A/SN8LEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0.
Asip, Muhammad, Try Annisa Lestari, Maisarah, Juliana, Lika Apreasta, Dwi Setyaningsih, Eka Rihan, et al. Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di SD. Cetakan 1. Bandung: Media Sains Indonesia, 2022.
Azmi, Sri Rezki Maulina. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bercerita Siswa Kelas V Sekolah Dasar.
”Journal of Science and Social Research 2, no. 1 (2019): 7–11. http://jurnal.goretanpena.com/index._php/JSSR/article/view/325/273
Batubara, Hamdan Husein. Media Pembelajaran Efektif. Cetakan 1. Semarang: FATAWA PUBLISHING, 2020. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=pBgJEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=jenis+jenis+media+pembelajaran&ots=Khfz_dFptE&sig=oh_aZMzqV_wbee_1KaIia7vej38&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false.
Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek profil pelajar pancasila sebagai penguatan pendidikan karakter pada peserta didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553-559.
Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi guru penggerak merdeka belajar. Bumi Aksara Suhardi. (2022). Analisis penerapan pendidikan agama islam dalam demensi profil pancasila. Journey-Liaison Academia and Society, 1(1),468–476.
Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 mengatur tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Pendidikan Dasar dan Menengah.2016. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Peningkatan Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Sekolah Dasar–Kuncoro Adi Saputro,Cristina Kartika Sari, SW Winarsi DOI : https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.690