PENINGKATAN MINAT BACA SISWA KELAS VI SDN 067978 MEDAN HELVETIA MELALUI IMPLEMENTASI PROGRAM KAMIS LITERASI DENGAN BUKU CERITA RAKYAT
DOI:
https://doi.org/10.54367/pendistra.v7i2.4491Keywords:
Kamis Literasi, minat baca, buku cerita rakyat, budaya lokal, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan minat baca siswa kelas VI SDN 067978 Medan Helvetia melalui program Kamis Literasi dengan buku cerita rakyat. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus, masing-masing dua pertemuan. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan, dengan keterlaksanaan program oleh guru dari 68,75% (baik) pada siklus I menjadi 82,5% (sangat baik) pada siklus II. Keterlibatan siswa meningkat dari 42% pada siklus I menjadi 61,16% pada siklus II. Minat baca siswa rata-rata naik dari 62,3% (sedang) menjadi 72% (baik) setelah intervensi berupa buku cerita rakyat bergambar, membaca nyaring, diskusi kelompok, dan jurnal buku. Program ini efektif meningkatkan minat baca, dan disarankan memanfaatkan e-book cerita rakyat untuk menarik minat lebih luas.References
Kemendikbudristek. (2021). Pedoman Implementasi Program Literasi Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Nurgiyantoro, B. (2012). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Rahayu, N. (2020). Pemanfaatan Buku Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 23-34.
Subandiyah, H. (2015). Pembelajaran Literasi dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya. 2(1).
Wijayanti, L. (2023). "Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar." Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2), 34-45.
Darma, K.B. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. 1(2).
Fadli, Muhammad Rijal. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika 21, no. 1(2021): 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v2 1i1.38075.
Farhana, Nurul Muttaqien Husna, Awiria. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: HARAPAN CERDAS, 2019.
Iryana, Risky Kawasati. “Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif” 21, no. 58 (2019): 99-104. https: // www. unhcr. Org /publications/manuals/4d9352319/unh cr-protectiontrainingmanual- european-border-entry-officials- 2-legal.html?query=excom 1989.
Bua, T., Mety, Perada, L., & Agnesia. (2019). Penerapan Membaca Nyaring Cerita Bergambar. Berbasis Pendidikan Karakter Sebagai Apersepsi Pada Pembelajaran Tematik Application of Reading Reading Stories Based on Character Education As Aperseps in Thematic Learning. Jurnal Borneo Humaniora, 15– 21.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., & Shofiah, T. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. 05(02), 3928 –3936. https://doi.org/E-ISSN: 2654-5497,P-ISSN: 2655-1365.