PEMANFAATAN MEDIA AUGMENTED REALITY DALAM PENGEMBANGAN MATERI AJAR TEKS DESKRIPSI SISWA

Authors

  • Tiarma Nova Intan Malasari Sekolah Tinggi Bahasa Asing-Persahabatan Internasional Asia
  • Rachel Yoan Katherin Putri Siahaan Akademi Informatika dan Komputer Medicom
  • David Parulian Limbong SMA Letjen M.T Haryono

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v7i2.4505

Keywords:

Augmented, reality, teks, deskripsi, media

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, dan menganalisis materi teks deskripsi siswa. Melalui penggunan media augmented reality ini, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian siswa akan tumbuh dan berkembang karakternya, serta dapat mendeskripsikan sesuatu sesuai dengan wujud aslinya. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan model 4-D. Pada penelitian ini hanya dilakukan diseminasi terbatas, yaitu dengan mengembangkan materi teks deskripsi dengan memanfaatkan media augmented reality di sekolah. Teknik dan instrument pengumpulan data pada penelitian ini melalui penyebaran angket, wawancara, studi banding, dan FGD. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan hasil uji kelayakan terhadap pemanfaatan media augmented reality pada pengembangan materi teks deskripsi 90% Responden menjawab sangat mudah, dan 10% responden menjawab mudah. Dari 20 responden, 19 responden menjawab media AR ini dapat menginspirasi mahasiwa untuk lebih mencintai rasa cinta tanah air. Sehingga aplikasi Augmented Reality Video ini layak digunakan dalam proses pembelajaran khususnya pada materi teks deskripsi.

References

Aditya Damayanti, D., Siti Nurwahidah, L., Hamdani, A., Hasim, A. (2021). The Design of Augmented RealityBased-Synectic Model Device in Writing Short Stories. MEDIASI: Jurnal Kajian Dan Terapan Media, Bahasa, Komunikasi, 2(3), 221-241

Alfian, M. (Magdalia). (2011). Pendidikan Sejarah dan Permasalahan yang Dihadapi. Khazanah Pendidikan, 3(2), 144519

Arvanitis, T. N., Petrou, A., Knight, J. F., Savas, S., Sotiriou, S., Gargalakos, M., & Gialouri, E. (2009). Human factors and qualitative pedagogical evaluation of a mobile augmented reality system for science education used by learners with physical disabilities. Personal and Ubiquitous Computing, 13(3), 243-250

Bakri, F., Ambarwulan, D., & Muliyati, D. (2018). Pengembangan Buku Pembelajaran yang Dilengkapi Augmented Reality Pada Pokok Bahasan Gelombang Bunyi dan Optik. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 4(2).

Bronack, S. C. (2011). The Role of Immersive Media in Online Education. The Journal of Continuing Higher Education, 59(2), 113-117

Carmigniani, J., Furht, B., Anisetti, M., Ceravolo, P., Damiani, E., & Ivkovic, M. (2010). Augmented reality technologies, systems and applications. Multimedia Tools and Applications, 51(1), 341-377

Chang, H. Y., Wu, H. K., & Hsu, Y. S. (2013). Integrating a mobile augmented reality activity to contextualize student learning of a socioscientific issue. British Journal of Educational Technology, 44(3), E95-E99

X Chen, Y. C., Chi, H. L., Hung, W. H., & Kang, S. C. (2011). Use of Tangible and Augmented Reality Models in Engineering Graphics Courses. Journal of Professional Issues in Engineering Education & Practice, 137(4), 267-276

Clark, A., & Dünser, A. (2012). An interactive augmented reality coloring book. IEEE Symposium on 3D User Interfaces 2012, 3DUI 2012 -Proceedings, 7-10

Ekowarni, E. (2009, August 25). Pengembangan Nilai-Nilai Luhur Budi Pekerti sebagai Karakter Bangsa–BELA NEGARA

Freepik. (n.d.). Free Vector | Hand drawn style youth pledge celebration. Retrieved January 2, 2024

Ghufron, A., & Ghufron, A. (2010). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa Pada Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(3)

Lee, K. (2012). Augmented Reality in Education and Training. TechTrends, 56(2), 13-21

Mardikaningsih, A. (2014). Pengembangan media pembelajaran AR-Book (Augmented Reality Book) mata pelajaran fisika materi sistem tata surya untuk siswa kelas IX SMP Negeri 2 Malang

Agusti Mardikaningsih. Mohd Fadzil, M. Z., & Mohd Noor, N. A. Z. (2023). Mengintegrasikan Augmented Reality dalam Pembelajaran Bentuk 2D dan 3D

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Malasari, T. N. I. ., Siahaan, R. Y. K. P. ., & Limbong, D. P. . (2024). PEMANFAATAN MEDIA AUGMENTED REALITY DALAM PENGEMBANGAN MATERI AJAR TEKS DESKRIPSI SISWA. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 7(2), 203–210. https://doi.org/10.54367/pendistra.v7i2.4505

Issue

Section

Artikel