HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 ONANRUNGGU

Authors

  • Citra Paula Lumbanraja FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Losten Tamba FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v1i2.477

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  hubungan antara kemampuan berpikir logis terhadap kemampuan siswa menulis teks negosiasi pada kelas X SMA Negeri 1 Onanrunggu tahun pembelajaran 2017-2018 bertepatan semester ganjil.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Onanrunggu yang terdiri dari lima kelas dengan jumlah 180 orang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrumen kemampuan berpikir logis dengan menggunakan tesobjektif pilihan ganda dan instrumenkemampuan menulis teks negosiasi dengan menggunakan tes esai. Pengujian hipotesis digunakan dengan teknik korelasi product moment.Simpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir logis dengan kemampuan menulis teks negosiasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X SMA Negeri 1 Onanrunggu tahun pelajaran 2017/2018. Besarnya sumbangan (kontribusi) variabel X terhadap Y sebesar 0.32%, signifikansi t hitung sebesar  dan t tabel = 1,691 (uji satu pihak). Hipotesis dalam penelitian ini adalah t hitung lebih besar dari t tabel, atau 5,10 > 1,691, maka H0 ditolak.

References

Alwi, Hasan. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Kosasi. 2014. Jenis-jenis Teks.Bandung: Yrama Widya.

Marliany, Rosleny. 2010. Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia.

Muslikah, Anik. Dkk. 2014. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri. Jakarta.

Narbuko, Cholid. 1997. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenada Media Group.

Nurgiantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta.

Ranjabar, Jacobus. 2015. Dasar- dasar Logika Sebuah Langkah Awal untuk Masuk ke Berbagai Disiplin Ilmu Pengetahuan. Bandung: Alvabeta.

Riduwan. 2013. Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung: Alvabeta.

Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alvabeta.

Rossalia, Dewi. 2016. Big Book SBMPTN Edisi Lengkap. Jakarta: Cmedia..

Siahaan, Holman.“Hubungan antara

Sitorus, dkk. 2015. Pengajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Negeri. Indonesia: Lembaga kajian.

Sudijiono, Anas. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sundayana, Rostina. 2015. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alvabeta.

Tarigan, Guntur. 2005. Menuis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tim Cahaya Eduka. 2015. Top Book TPA. Jakarta: Kompas Gramedia.

Tim Ganesha Operation. 2014. Pasti Bisa Persiapan Cerdas Nilai Tinggi. Jakarta: Duta

Tim Tentor. 2013. 1 X Tes Langsung Lolos SBMPTN (Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Yogyakarta: Forum Edukasi.

Zainurahman. 2013. Menulis dari Teori hingga Praktik. Bandung: Alvabet.

Published

2018-12-29

How to Cite

Lumbanraja, C. P., & Tamba, L. (2018). HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 ONANRUNGGU. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 1(2), 10–20. https://doi.org/10.54367/pendistra.v1i2.477

Issue

Section

Artikel