PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PREDICTION GUIDE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN OLEH SISWA KELAS VII SMP SWASTA RIS MADUMA TANJUNG BERINGIN
DOI:
https://doi.org/10.54367/pendistra.v1i2.479Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe PredictionGuide terhadap kemampuan menulis pantun. Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta Ris Maduma Tanjung Beringin, pada tahun pembelajaran 2016-2017. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model eksperimen dengandesain static group comparationSampel penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Swasta Ris Maduma Tanjung Beringin yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 55 siswa, 27 siswa sebagai kelas kontrol yang diajar dengan pembelajaran langsung tanpa menggunakan model pembelajaran dan 28 siswa sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Prediction Guide.Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah test-essay dalam bentuk penugasan, yaitu menulis pantun. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “tâ€. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis pantun tanpa menggunakan model pembelajaran termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 69,96, sedangkan dengan menggunakan model pembelajaran termasuk dengan kategori baik dengan nilai rata- rata 79,96. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung> ttabel yaitu 3,70 > 1,88  pada taraf signifikan α= 0,05 atau 5% dengan demikian, terbukti bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe Prediction Guide berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam menulis pantun siswa kelas VII SMP swasta Ris Maduma tahun pelajaran 2016-2017. Dengan demikian model pembelajaran ini tepat digunakan dalam proses pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran menulis pantunReferences
Arikunto, Suharsimi 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, Saifuddin. 2013. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dalman, 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali pers.
Handayani, Sri. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran Prediction Guide Dan Reciprocal Teaching Berdasarkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. http://uin-suska.ac.id.
Hadiyanto, 2001. Membudayakan Kebiasaan Menulis. Jakarta: PT. Fikahati Aneska.
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran; Isu-Isu Metodis Dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Istarani, 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan akademik..Jakarta: Kemendikbud.
Nadjua, A.S. 2010. Buku Pintar Puisi Pantun. Jakarta: Triani Media Surabaya.
Priyatna, Eristika. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Prediction Guide Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kampar Timur Kabupaten Kampar. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kais Riau Pekanbaru. http://uin.suska.ac.id.
Puspitasari Eka Erviana, dkk. (2014). Peningkatan Berpikir Kritis Melalui Strategi Aktif Tipe Pembelajaran Prediction Guide (Tebak Pelajaran) Pada Siswa SMPN 25 Purworejo. Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun 2014. http://ejournal.umpwr.ac.id
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Ke-IV). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Saddhono, Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiarto, Eko. 2013. Cara Mudah Menulis Pantun Puisi Cerpen. Yogyakarta: Khitah Publishing.
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Pres.
Tampubolon, Saor .2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.
Tarigan,Guntur 2008. Menulis. Bandung: Angkasa.
Utami,N.S. 2013. 4 PM Pintar Pantun Puisi Peribahasa & Majas. Yogyakarta: Naafi Book Media.
Wulandari Ayu Ririn. 2013. “Pengaruh penggunaan teknik pembelajaran ice breaker terhadap kemampuan menulis pantun siswa kelas VII SMP Swasta Pahlawan Sukaramai tahun pembelajaran 2012/2013. Jurnal Univeritas Negeri Medan tahun 2013. http://jurnal.unimed.ac.id.