PENGARUH PENGALAMAN MENGAJAR GURU TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMK IMMANUEL 2 KABANJAHE

Authors

  • Lidia - FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Asnita Hasibuan FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v1i2.480

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pengalaman mengajar guru terhadap minat dan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMK 2 Swasta Immanuel Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2018/2019. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian Kuantitatif Statistik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas X SMK 2 Swasta Immanuel Kabanjahe. jumlah 50 orang. Sampel penelitian sebanyak 26 siswa ditentukan berdasarkan teknik  purposive sampling. Instrumenpengumpulan data dalam penelitian ini  adalah menggunakan angket dan  dokumen. Simpulan penelitian ini adalah (1) pengalaman mengajar guru terhadap minat belajar bahasa Indonesia di kelas X SMK 2 Swasta Immanuel Kabanjahe dikategorikan sangat kuat; (2) pengalaman mengajar guru terhadap prestasi belajar bahasa indonesia di kelas X SMK 2 Swasta Immanuel Kabanjahe dikategorikan sangat kuat; (3) pengalaman mengajar guru terhadap minat dan prestasi belajar bahasa Indonesia di kelas X SMK 2 Swasta Immanuel Kabanjahe dikateorikan sangat kuat. Berdasarkan hasil uji hipotesis ditemukan ada hubungan yang positif antara pengalaman mengajar dan minat belajar bahasa Indonesia di kelas X SMK 2 Swasta Immanuel Kabanjahe.

References

Khairani, Makmun. 2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta: CV Aswaja Pressindo.

Khairin & Danim Sudarwan. 2014. Psikologi Pendidikan (Perspektif Baru). Bandung: Alfabeta.

Sugaandi, A. 2004. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT.UNNES Press.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rev. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Poerwadarminto. 1990. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.

Published

2018-12-29

How to Cite

-, L., & Hasibuan, A. (2018). PENGARUH PENGALAMAN MENGAJAR GURU TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMK IMMANUEL 2 KABANJAHE. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 1(2), 45–51. https://doi.org/10.54367/pendistra.v1i2.480

Issue

Section

Artikel