PENGARUH PENGALAMAN MENGAJAR GURU TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMK IMMANUEL 2 KABANJAHE
DOI:
https://doi.org/10.54367/pendistra.v1i2.480Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pengalaman mengajar guru terhadap minat dan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMK 2 Swasta Immanuel Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2018/2019. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian Kuantitatif Statistik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas X SMK 2 Swasta Immanuel Kabanjahe. jumlah 50 orang. Sampel penelitian sebanyak 26 siswa ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Instrumenpengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket dan dokumen. Simpulan penelitian ini adalah (1) pengalaman mengajar guru terhadap minat belajar bahasa Indonesia di kelas X SMK 2 Swasta Immanuel Kabanjahe dikategorikan sangat kuat; (2) pengalaman mengajar guru terhadap prestasi belajar bahasa indonesia di kelas X SMK 2 Swasta Immanuel Kabanjahe dikategorikan sangat kuat; (3) pengalaman mengajar guru terhadap minat dan prestasi belajar bahasa Indonesia di kelas X SMK 2 Swasta Immanuel Kabanjahe dikateorikan sangat kuat. Berdasarkan hasil uji hipotesis ditemukan ada hubungan yang positif antara pengalaman mengajar dan minat belajar bahasa Indonesia di kelas X SMK 2 Swasta Immanuel Kabanjahe.References
Khairani, Makmun. 2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta: CV Aswaja Pressindo.
Khairin & Danim Sudarwan. 2014. Psikologi Pendidikan (Perspektif Baru). Bandung: Alfabeta.
Sugaandi, A. 2004. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT.UNNES Press.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rev. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Poerwadarminto. 1990. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.
Downloads
Published
2018-12-29
How to Cite
-, L., & Hasibuan, A. (2018). PENGARUH PENGALAMAN MENGAJAR GURU TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMK IMMANUEL 2 KABANJAHE. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 1(2), 45–51. https://doi.org/10.54367/pendistra.v1i2.480
Issue
Section
Artikel