PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN 3M (MENGAMATI, MENIRU, DAN MENAMBAHI) TERHADAP KETERAMPILAN MEMERANKAN TOKOH DRAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BARUS JAHE

Authors

  • Roma Ledis FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Asnita Hasibuan FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v1i2.481

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik pembelajaran 3M (Mengamati, Meniru, dan Menambahi) terhadap keterampilan memerankan tokoh drama antara siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Barus Jahe pada tahun pembelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain static group comparationdengan menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Barus Jahe yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 62 siswa, 30 siswa sebagai sebagai kelas kontrol yang diajar dengan pembelajaran langsung dan 32 siswa sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan teknik 3M. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Data dikumpulkan dengan tes perbuatan dalam bentuk praktik, yaitu memerankan tokoh drama. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “tâ€. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memerankan tokoh drama tanpa menggunakan teknik pembelajaran 3M termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 67 sedangkan dengan menggunakan teknik pembelajaran 3M termasuk dengan kategori baik dengan nilai rata- rata 77,84. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung> ttabel yaitu 4,86 > 1,81 pada taraf signifikan α= 0,05 atau 5%. Dengan demikian, terbukti bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan dapat dinyatakan bahwa teknik pembelajaran 3M berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam memerankan tokoh drama siswa kelas VIII tahun pelajaran 2016/2017. Dengan demikian teknik pembelajaran ini tepat digunakan dalam proses pembelajaran, khususnya dalam memerankan tokoh drama

References

Azwar, Saifuddin. 2005. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka belajar.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramadia Pustaka Utama.

Depdiknas. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Dwi, Roberto. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Melalui penggunaan Strategi 3M (Meniru, Mengolah, dan Menambahi) pada Siswa Kelas X.1 SMA Negeri 1 Musuk Kabupaten Boyolali. Diakses tanggal 12 April 2017.

Endraswara, Suwardi. 2015. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: Tim Redaksi CAPS.

Erlina. 2011. Metodologi Penelitian. Medan. USU Press

Kosasih. 2011. Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: CV. Yrama Widiya

Margono. 2013. Metodologi Penelitian pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Noor, Juliansyah . 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Pradamedia.

Suntoro. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Menggunakan Teknik 3M (Mengamati, Meniru, dan Menambahi) pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Cluwak Pati. Diakses tanggal 12 April 2017.

Sudijono, anas 2012. Pengantar statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiono. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Tarigan, Guntur. 2015. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga

Wisnu, Kurniawan. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Teknik 3M ( Mengamati, Meniru, dan Menambahi) pada Siswa Kelas VIII A SMP Islam Ungaran. Diakses tanggal 12 April 2017.

Published

2018-12-29

How to Cite

Ledis, R., & Hasibuan, A. (2018). PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN 3M (MENGAMATI, MENIRU, DAN MENAMBAHI) TERHADAP KETERAMPILAN MEMERANKAN TOKOH DRAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BARUS JAHE. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 1(2), 52–59. https://doi.org/10.54367/pendistra.v1i2.481

Issue

Section

Artikel