THE ANALYSIS OF THEME-RHEME ORGANIZATION ON JOKOWI WIDODO’S SPEECH

Authors

  • Amsaldi Wahyu Kristian Sinulingga Universitas Sumatera Utara
  • Asnita Hasibuan Universitas Katolik Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v2i2.593

Abstract

Penilitian ini berjudul “The Analysis of Theme-Rheme Organization on Joko Widodo’s Speech†adalah sebuah kajian linguistik berdasarkan dari analisis wacana. Di penilitian ini, objek yang di analisa penliti adalah tema dan rema yang terdapat di pidato Jokowi Widodo. Pidato yang menjadi data di penlitian ini diambil dari Kantor Asisten Wakil Sekretaris untuk Dokumen dan Terjemahan Negara pada 16 April 2019. Teori yang mendukung penelitian ini diambil dari teori Halliday. Berdasarkan teori tersebut, kajian dari tema dan rema berasal dari linguistik fungsional sistemik yang menganilsis bahasa dari fungsi utamanya. Hasil dari penelitian ini terdapat 8 paragraf di dalam pidato. Dari kedelapan paragraph tersebut, terdapat 47 klausa: dari ke 47 klausa tersebut, terdapat 87% dengan 41 klausa sebagai tema topikal, kedua adalah tema tekstual dengan 11% dari 5 klausa, terakhir adalah tema interpersonal terdapat 1 klausa dengan persentase 2%

References

Bloor & Bloor 2004. The functional Analysis of English. New York: Oxford University Press

Giroux. 2007. Pedagogy and The Politics of Hope Theory, Culture, and Schooling. United States: Westview Press

Halliday, M. A. K. 1994. An Introduction to Functional Grammar. London: Edward Arnold

Halliday, M. A. K., & Matthiessen, C. M. I. 2004. An Introduction to Functional Grammar. London Routledge.

Moleong, Lexy. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif, Penerbit PT Remaja Rosdakarya. Offset, Bandung.

Nancy Burns and Susan Grove. 2003. Understanding Nursing Research. Philadelphia: Saunders

Published

2019-12-27

How to Cite

Sinulingga, A. W. K., & Hasibuan, A. (2019). THE ANALYSIS OF THEME-RHEME ORGANIZATION ON JOKOWI WIDODO’S SPEECH. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 2(2), 65–70. https://doi.org/10.54367/pendistra.v2i2.593

Issue

Section

Artikel