UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.54367/pendistra.v3i1.773Abstract
Upaya yang dimaksud disini adalah bagaimana guru mempersiapan diri dalam membelajarkan siswa mulai dari membaca cepat dan efektif, masalah yang dihadapi pembaca, beberapa pandangan yang salah terhadap membaca dan lain-lain. Bila upaya-upaya tersebut dilaksanakan dengan berorientasi pada kepentingan siswa, maka diharapkan dapat menimbulkan dan meningkatkan kemampuan membaca siswa. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh guru sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa, tiga diantaranya: (1) mengetahui metode dan teknik membaca efektif dan efisien, (2) membentuk kebiasaan dan mengukur kemampuan membaca sendiri, (3) meningkatkan minat baca.References
Anderson, R. C. 1972. Language Skills in Elementary Education. New York: Macmillan Publishing Co, Inc.
Tarigan, Henry Guntur. 2010. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Nurhadi. 2013. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru.
Khalik. 2000. Pengajaran Bahasa Indonesia I. Jakarta: Depdikbud
Soedarso. 2004. Speeding Reading. Bandung: Gramedia
Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Grafindo Persada
Tampubolon. 1987. Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung. Angkasa
Downloads
Published
2020-07-01
How to Cite
Purba, N. A. (2020). UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 3(1), 21–25. https://doi.org/10.54367/pendistra.v3i1.773
Issue
Section
Artikel