UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA

Authors

  • Nancy Angelia Purba Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v3i1.773

Abstract

Upaya yang dimaksud disini adalah bagaimana guru mempersiapan diri dalam membelajarkan siswa mulai dari membaca cepat dan efektif, masalah yang dihadapi pembaca, beberapa pandangan yang salah terhadap membaca dan lain-lain. Bila upaya-upaya tersebut dilaksanakan dengan berorientasi pada kepentingan siswa, maka diharapkan dapat menimbulkan dan meningkatkan kemampuan membaca siswa. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh guru sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa, tiga diantaranya: (1) mengetahui metode dan teknik membaca efektif dan efisien, (2) membentuk kebiasaan dan mengukur kemampuan membaca sendiri, (3) meningkatkan minat baca.

References

Anderson, R. C. 1972. Language Skills in Elementary Education. New York: Macmillan Publishing Co, Inc.

Tarigan, Henry Guntur. 2010. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Nurhadi. 2013. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru.

Khalik. 2000. Pengajaran Bahasa Indonesia I. Jakarta: Depdikbud

Soedarso. 2004. Speeding Reading. Bandung: Gramedia

Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Grafindo Persada

Tampubolon. 1987. Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung. Angkasa

Published

2020-07-01

How to Cite

Purba, N. A. (2020). UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 3(1), 21–25. https://doi.org/10.54367/pendistra.v3i1.773

Issue

Section

Artikel