SISTEM INFORMASI PELAYANAN PUSKESMAS MUARA FAJAR BERBASIS WEB

Authors

  • Desinta Purba FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Wahyu Roni Tua Panjaitan FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

pelayanan puskesmas, pendaftaran pasien, sistem informasi

Abstract

Sistem informasi pada Puskesmas sangat penting untuk mengelola data-data penting. Salah satu Puskesmas yang membutuhkan sistem informasi adalah Puskesmas Muara Fajar yang terletak di Pekanbaru, Riau. Karena di puskesmas ini masih menggunakan cara manual dalam mengelola setiap data transaksi atau administrasi. Sistem informasi ini diharapkan dapat membantu petugas dalam mengelola data seperti registrasi, pasien, dokter, pengunjung, obat, rekam medis, kuitansi, dan laporan. Dan bagi pasien sistem ini membantu menghemat waktu, karena dengan sistem ini pasien dapat mendaftar dan memesan dokter, sehingga pasien tidak perlu datang untuk registrasi. Dengan sistem informasi ini diharapkan pengelolaan data lebih efektif dan efisien serta menghemat waktu. Sistem informasi ini dibangun berbasis web dengan menggunakan metode air terjun untuk siklus hidup pengembangan perangkat lunak. Sistem ini akan menggunakan PHP dan MySQL, karena sistem informasi berbasis web mudah diakses dimana saja dan kapan saja.

References

Eko, M., Meimaharani,R.S., and Susanto,A.2021. Aplikasi Sistem Informasi Puskesmas Bagian Registrasi Pendaftaran Pasien (Studi Kasus: Puskesmas Dersalam, Bae, Kudus), Jurnal Dialektika Informatika (Detika).2.1.

Hasbiyalloh, M., and Jakaria, D.A.2018. Aplikasi Penjualan Barang Perlengkapan Hand Phone Di Zildan Cell Singaparna Kabupaten Tasikmalaya, JUMANTAKA.1.1:2-3

Londa, G.O., Witi, F.L., and Bhae, B.Y.2022. Sistem Informasi Pendataan Penduduk Desa Detusoko Barat Kecamatan Detusoko Kabupaten Ende Berbasis Web, JURNAL JITEK.2.2:3.

Mudin, F., Arwidiyarti, D., and Suryadi, E.2018. Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Menggunakan PHP Dan MySQL Pada Puskesmas Dompu Kota, Jurnal Explore STMIK Mataram.8.2.

Munandar, M.H., and Masrizal.2020. Sistem Informasi Pelayanan Puskesmas Tanjung Medan Kab. Labuhanbatu Selatan Berbasis Web, Informatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Labuhanbatu.8.2.

Noviriliya, A.S., Andini, M., Hutabarat, S.B., and Haryono, W.2022. Analisa Dan Pengembangan Aplikasi Buku Tamu Berbasis Web Pada Kelurahan Pondok Cabe Udik, OKTAL : Jurnal Ilmu Komputer dan Science.1.8:3.

Permenkes No 43 Tahun 2019 Tentang Puskesmas.

Sitinjak, D.D.J., Maman., and Suwita, J.2020. Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Administrasi Kursus Bahasa Inggris Pada Intensive English Course Di Ciledug Tangerang, JURNAL IPSIKOM,8.1:3-8.

Unhelkar, B. (2018). Software Engineering with UML (1st ed.). S.1: Auerbach Publications;CRC PRESS.

Zefanya Tanardi, Kevin (2021) Rancang Bangun Sistem Rekomendasi Lokasi Wisata Berbasis Web. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

Downloads

Published

2023-10-15

Issue

Section

Articles