Analisis Biaya dan Waktu Pekerjaan Konstruksi Struktur Rangka Atap Baja Portal Frame dan Portal Truss

Authors

  • Edison Hatoguan Manurung Program Studi Teknik Sipil, Universitas Mpu Tantular
  • Alip Prajoko Program Studi Teknik Sipil, Universitas Mpu Tantular
  • Oloan Sitohang Program Studi Teknik Sipil, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Haryanto Haryanto Program Studi Teknik Sipil, Universitas Mpu Tantular

Keywords:

portal truss, portal frame, analisis waktu, analisis biaya

Abstract

Analisis biaya merupakan bagian penting dari manajemen biaya proyek untuk memastikan bahwa biaya yang digunakan dan dikeluarkan sesuai dengan perencanaan dan anggaran. Berbagai kegiatan dalam proyek dapat dikontrol dan dipantau untuk memastikan bahwa hasil implementasi sesuai anggaran dan akuntansi biaya efektif Semua biaya langsung dan tidak langsung yang terkait dengan pekerjaan konstruksi bangunan biasanya dikategorikan sebagai biaya pekerjaan, biaya material, biaya alat dan peralatan, biaya overhead, dan keuntungan. Anlisis waktu di lapangan diharapkan dapat menjaga waktu dilaksanakannya proyek supaya sesuai dengan rencana waktu yang telah disusun sebelum pelaksanaan dimulai. Hal ini bertujuan agar rencana waktu yang ada dapat digunakan sebagai tolak ukur pelaksanaan untuk menentukan kemajuan pekerjaan. Dalam pengendalian waktu Saat melaksanakan suatu proyek, alat jadwal pelaksanaan seperti Bagan Gantt dapat digunakan untuk menentukan apakah proyek akan terlambat atau tidak serta formula kontrol perencanaan yang lebih rinci tersedia untuk peralatan, bahan, dan pengguna individual (subkontraktor). pekerjaan struktur rangka atap menggunakan metode portal truss membutuhkan biaya yang lebih mahal dibandingkan dengan struktur rangka atap baja portal frame. Akan tetapi keuntungan dari waktu pengerjaanya akan lebih cepat dan memiliki bentang yang lebih panjang dibandingkan dengan portal frame.

References

Adebisi, J. F. (2013). Time management practices and its effect on business performance. Canadian Social Science, 9(1), 165–168.

Castollani, A., Puro, S., & Lesmana, M. (2020). Analisis Biaya dan Waktu pada Proyek Apartemen Dengan Metode Earned Value Concept. Jurnal Rekayasa Konstruksi Mekanika Sipil, 3(01).

Harsanto, B. (2011). Manajemen proyek menggunakan MS Project 2010. Makal. Pada Pelatih. Manaj. Proy, 25–29.

Heagney, J. (2016). Fundamentals of project management. Amacom.

Hidayah, R., Ridwan, A., & Cahyo, Y. (2018). Analisa Perbandingan Manajemen Waktu Antara Perencanaan Dan Pelaksanaan. Jurnal Manajemen Teknologi & Teknik Sipil, 1(2), 281–290.

Hikmah, N. (2019). Analisis Perbandingan Metode Pelaksanaan Struktur Rangka Atap Baja Konvensional dan Struktur Rangka Atap Sistem Space Frame Dari Segi Biaya Dan Waktu (Studi Kasus: Proyek Perluasan Terminal Bandara Sultan Thaha Jambi). Universitas Mercu Buana Jakarta.

Juansyah, Y., Oktarina, D., & Zulfiqar, M. (2017). Analisis perbandingan Rencana Anggaran Biaya bangunan menggunakan metode SNI dan BOW (Studi kasus: Rencana Anggaran Biaya bangunan gedung Kwarda Pramuka Lampung). Jurnal Rekayasa, Teknologi, Dan Sains, 1(1).

Maromi, M. I., & Indryani, R. (2015). Metode Earned Value untuk Analisa Kinerja Biaya dan Waktu Pelaksanaan pada Proyek Pembangunan Condotel De Vasa Surabaya. Jurnal Teknik ITS, 4(1), D54–D59.

Permadi, A., Waluyo, R., & Kristiana, W. (2018). Analisis Estimasi Biaya Konstruksi Menggunakan Analisis Harga Satuan Pekerjaan 2013 dan 2016. Jurnal Teknika: Jurnal Teoritis Dan Terapan Bidang Keteknikan, 2(1), 1–12.

Ridwan, A., & Ajiono, R. (2017). Pengendalian biaya dan jadual terpadu pada proyek konstruksi. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 12(2), 74–83.

Santoso, B. (2009). Manajemen Proyek: Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sutanto, F., Samsurizal, E., & Budi, G. S. (2014). Analisa Perhitungan Sturktur Bangunan Gedung Head Office Dan Showroom Yamaha Pontianak. JeLAST: Jurnal PWK, Laut, Sipil, Tambang, 3(2).

Published

2023-05-30

How to Cite

Manurung, E. H., Prajoko, A., Sitohang, O., & Haryanto, H. (2023). Analisis Biaya dan Waktu Pekerjaan Konstruksi Struktur Rangka Atap Baja Portal Frame dan Portal Truss. Jurnal Rekayasa Konstruksi Mekanika Sipil (JRKMS), 6(1), 31–39. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/JRKMS/article/view/2557

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.