HUBUNGAN KOMUNIKASI GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI 091488 BAHSAMPURAN

Authors

  • Christin Dwi Octavianty Simbolon Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Lisbet Novianti Sihombing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Desi Sijabat Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Keywords:

Motivasi Belajar Siswa, Komunikasi Guru, Hasil Belajar

Abstract

Motivasi belajar adalah sebuah daya penggerak atau pendorong yang berasal dari dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjadi penjamin kelangsungan dalam kegiatan belajar, memberikan arah dalam proses pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Komunikasi merupakan proses dalam penyampaian pesan dari pemberi pesan dengan harapan bisa memberikan pemahaman terutama pada peserta didik yang bertujuan untuk mengubah sikap dan tingkah laku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan komunikasi guru dengan motivasi belajar siswa di kelas V SD Negeri 091488 Bahsampuran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitaif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah korelasi. Peneliti menetapkan jumlah populasi sebanyak 30 siswa, dan sampel yang sama banyaknya dengan jumlah populasi yaitu 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, rumus normalitas, homogenitas, regresi linier sederhana, koefisien korelasi dan hasil uji-F. Berdasarkan analisis tersebut, disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan mengenai komunikasi guru dengan motivasi belajar siswa di kelas V SD Negeri 091488 Bahsampuran, karena nilai Fhitung (26,345) > Ftabel (4,20) hal ini menunjukan bahwa komunikasi guru berhubungan dengan motivasi belajar siswa, dan nilai Sig 0.00 < 0.05 hal ini menunjukan bahwa komunikasi guru berhubungan dengan motivasi belajar siswa. Dari hasil uji F di atas dapat dilihat bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.

References

Arianti. 2018. Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan. SMA Negeri 14 Bone, 12 (2)

Arikunto, S. 2022. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Cikka, H. 2019. Strategi Komunikasi Guru Memotivasi Peserta Didik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi. Institut Agama Islam Negeri Palu, 15 (2)

Dewi, P. Y. A. 2019. Hubungan Gaya Komunikasi Guru terhadap Tingkat Keefektifan Proses Pembelajaran, Jurnal Agama dan Budaya. Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, 3 (2)

Fitriani, N. H. 2018. Hubungan Antar Keterampilan Berkomunikasi Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Tanggul Rejo 1 Kecamatan Tabungan Kota Marabahan. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial dan Budaya. Universitas Achmad Yani Banjarmasin, 13 (2)

Haksever, S. 2018. Hubungan Kemampuan Komunikasi Guru dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas 5 SD Kharisma Bangsa. Skripsi. Jakarta:Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Handayani, N. P., Syahrini, T. I. 2019. Peran Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Matematika. Jurnal Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. Universitas Indraprasta PGRI

Haq, A. 2018. Motivasi Belajar dalam Meraih Prestasi. Jurnal Vicratina. Universitas Islam Malang, 3 (1)

Hermawan, H. 2006. Dasar-Dasar Komunikasi dan Keterampilan Dasar Mengajar. Bandung: CV Citra Praya

Kartini, I., Witono, A. H., Karma, I. N. 2020. Hubungan Kemampuan Komunikasi Guru dengan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Gugus 2 Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara Tahun Pelajaran 2020/2021. Primary Education Journal. Universitas Mataram, 1 (2)

Kusmayadi, I. 2010. Kemahiran Interpersonal untuk Guru. Bandung: PT Pribumi Mekar

Lestari, E. K. 2014. Implementasi Brain Based Learning untuk Meningkatkan Kamampuan Koneksi dan Kemampuan Berpikir Kritis serta Motivasi Belajar SMP. Jurnal Pendidikan UNSIKA. Universitas Singaperbangsa Kerawang, 2 (1)

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., Dewi, R. S. 2022. Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Universitas Sultan Agung Tirtayasa, 4 (6)

Purba, M. O. 2023. Hubungan Kemampuan Komunikasi dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri 122345 Pematangsiantar. Pengembangan Peneltian Pengabdian Jurnal Indonesia. Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, 1 (1)

Sardiman, A. M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Sucia, V. 2016. Pengaruh Gaya Komunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 8 (2)

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharni. 2021. Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Universitas PGRI Yogyakarta, 6 (1)

Suprihatin, S. 2015. Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Universitas Muhammadiyah Metro, 3 (1)

Wati, S. A., Tanzimah., Novianti. 2023. Pengaruh Komunikasi Antara Guru dan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD N 245 Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Universitas PGRI Palembang, 5 (2)

Wiradana, K. A., Parmiti, D. P., Astawan, I, G. 2022. Komunikasi Guru dan Hubungannya dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction. Universitas Pendidikan Ganesha, 3 (2)

Wisman, Y. 2017. Komunikasi Efektif Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Nomosleca. Universitas Palangka Raya, 3 (2)

Zabir, A. 2018. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMPN 1 Lanrisang Kabupaten Pinrang. Diploma thesis. Makassar: Univesritas Negeri Makassar

Zunidar. 2017. Efektivitas Komunikasi Guru dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 1 (2)

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Simbolon, C. D. O. ., Sihombing, . L. N. ., & Sijabat, D. . (2023). HUBUNGAN KOMUNIKASI GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI 091488 BAHSAMPURAN. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 6(2), 166–173. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/3112

Issue

Section

Artikel