Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema 3 Makanan Sehat Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh Di UPTD SDN 122332 Pematang Siantar

Authors

  • Wersing Lumbantoruan Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Jumaria Sirait Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Partohap Saut Raja Sihombing Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

Keywords:

Model NHT, Hasil Belajar, UPTD SD Negeri 122332 Pematang Siantar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada tema 3 makanan sehat subtema 2 pentingnya makanan sehat bagi tubuh di UPTD SDN 122332 Pematang Siantar. Ada 2 hipotesis dalam penelitian ini yaitu: (ha) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada tema 3 makanan sehat subtema 2 pentingnya makanan sehat bagi tubuh di UPTD SDN 122332 Pematang Siantar dan (Ho) tidak terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada tema 3 makanan sehat subtema 2 pentingnya makanan sehat bagi tubuh di UPTD SDN 122332 Pematang Siantar. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan jenis penelitian pre-experimental design dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttes Design. Sampel penelitian ini yaitu berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan uji coba instrument. Hasil uji N-Gain dari analisis data yang dilakukan maka diperoleh hasil uji N-Gain dari hasil tes yang diberikan kepada siswa maka di peroleh,N-Gain 66.7448% Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Penjelasan ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model NHT terhadap hasil belajar siswa kelas V pada subtema 2 pentingnya makanan sehat bagi tubuh di UPTD SD Negeri 122332 Pematang Siantar.

References

Anma, Andi Mukmin. 2018 “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SD Negeri 202 Sinjai.” Universitas Negeri Makassar.

Arenita, Friesca Candra, dkk. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 3 Dokoro Wirosari.” Jurnal Guru Kita Vol 2 (4).

Arikunto (Ed). 2014. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik (15th ed).

Arikunto (Ed). 2017. Pengembangan Instrumen Penelitian Dan Penelitian Program (1st ed)

Fathurrohman, Muhamad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik.Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Khairunnisa, Fani. 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar Negeri 192/IX Muaro Jambi.” Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Jambi.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Lumbantoruan, W., Sirait, J., & Sihombing, P. S. R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema 3 Makanan Sehat Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh Di UPTD SDN 122332 Pematang Siantar. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 6(2), 191–200. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/3115

Issue

Section

Artikel