Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 2 Kewajiban dan Hakku Kelas III UPTD SDN 122380 Kain Suji

Authors

  • Melvi Unika Dewi Saragih Saragih Universitas HKBP Nomensen Pematang Siantar
  • Aprido Bernando Simamora
  • Melvin Simanjuntak

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v7i1.3146

Keywords:

Kata kunci: Model Problem Based Learning (PBL)

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) bepengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema 2 kelas III UPTD SD Negeri 122380 Kain Suji TA 2022/2023. Data penelitian mendukung kesimpulan ini. Peneliti menemukan bahwa nilai pretest siswa kelas III adalah 48,79 dan nilai posttest mereka adalah 80,93. Hipotesis pada uji t sampel berpasangan menunjukkan nilai sig (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05) dan > (22,273 > 2,064), menunjukkan bahwa Model Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada sub tema 2 tema 4 kelas III UPTD SD Negeri 122380 TA 2022/2023.Kata kunci: Model Problem Based Learning (PBL)

References

Baharuddin dan Wahyuni, E. N., (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran, (Jogjakarta: Ar-ruzz Media, 2007)

Biatun, N. (2020). Peningkatan Hasil

Downloads

Published

2024-07-02

How to Cite

Saragih, M. U. D. S., Simamora, A. B. ., & Simanjuntak, M. . (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 2 Kewajiban dan Hakku Kelas III UPTD SDN 122380 Kain Suji . Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 7(1). https://doi.org/10.54367/pendistra.v7i1.3146

Issue

Section

Artikel