PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA 2 KEWAJIBAN DAN HAKKU KELAS III UPTD SDN 122380 KAIN SUJI
DOI:
https://doi.org/10.54367/pendistra.v7i1.3146Keywords:
subtema 2 kelas III, Problem Based Learning (PBL) , SD Negeri 122380 Kain SujiAbstract
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) bepengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema 2 kelas III UPTD SD Negeri 122380 Kain Suji TA 2022/2023. Data penelitian mendukung kesimpulan ini. Peneliti menemukan bahwa nilai pretest siswa kelas III adalah 48,79 dan nilai posttest mereka adalah 80,93. Hipotesis pada uji t sampel berpasangan menunjukkan nilai sig (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05) dan > (22,273 > 2,064), menunjukkan bahwa Model Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada sub tema 2 tema 4 kelas III UPTD SD Negeri 122380 TA 2022/2023.Kata kunci: Model Problem Based Learning (PBL)References
Baharuddin dan Wahyuni, E. N., (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran, (Jogjakarta: Ar- ruzz Media, 2007)
Biatun, N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hak Dan Kewajibanmasyarakat Sebagai Warga Negara Kelas Vb Min 2 Bantul Semester II Tahun Pelajaran 2019/2020 Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Civics Education And Social Science Journal (CESSJ), 2(2).
Fadilah, A. N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 28 Kaur (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno).
Fadilah, A. N., Adisel, A., Syafri, F. S., & Suryati, S. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Journal of Elementary School (JOES), 4(2), 152-159.
FITRI, Y. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah.
GOWA, I. P. K., & Fitriatun, N. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Murid Kelas V SD.
Harmelia, D., & Djuwita, P. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Membangun Sikap Mandiri dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV SD Negeri 75 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 5(2), 346-354.
Herawati, H. (2020). Memahami proses belajar anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 27-48.
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5-11.
INDONESIA, P.R. (2003) Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang system Pendidikan nasional. Rosdakaraya, 2008)
Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A.A. (2019, October). Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 924- 932).
RIKI ASTRIANI, D. E. V. I.(2018). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V Sdn Mamben Lauk Tahun Pelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, Universitas Hamzanwadi).
Robiyanto, A. (2021). Pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajarsiswa. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 114-121.
Sawab, B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosialdi Mi Mathla’ul Anwarsindang Sari Lampung Selatan (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Sihombing, V. T., Pasaribu, E., & Silalahi, M. V. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 7990-8002.
Sipahutar, Y., Lumbantobing, M., & Sianturi, C. L. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman di SDN 121308 Pematang Siantar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 6811-6818.