Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 2 Kelas IV Di UPTD SD Negeri 124394 Pematang Siantar

Authors

  • Sartika Sinaga Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Minar T Lumbantobing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Hetdy Sitio Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v6i2.3177

Keywords:

Contextual Teaching And Learning, Hasil Belajar, Model Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada subtema 2 SD Negeri 124394 pematang siantar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Pre Experimental Design dengan jenis desain one group pretest and posttest design. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 124394 Pematang Siantar sebanyak 28 siswa. Pada pengambilan sampel peneliti menggunakan sampel jenuh, pada penelitian ini peneliti mengambil satu kelas yaitu kelas IV, jadi total sampel pada penelitian ini adalah 28 siswa. Data diperoleh dari instrument tes terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 124394 dengan menggunakan model contextual teaching and learning. Instrument tesdapat diukur dengan menggunakan indicator hasil belajar. Setelah itu dilakukan perhitungan uji-t menggunakan SPSS. Maka dapat diperoleh kesimpilan dari perhitungan tersebut bahwa hasil yang diperoleh dari uji-t pada posttest menggunakan One-sample test diperoleh bahwa thitung = 9.257 > ttabel =2,048 dan sig. (2-tailed) = 0,000 <0,05. Dari hasil tersebut terlihat Ha diterima dan Ho ditolak itu artinya terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV subtema 2 SD Negeri 124394 Pematang Siantar. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa model contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar tematik siswa. Kata kunci: Contextual Teaching And Learning, Hasil Belajar

References

Hamalik, Oemar. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. PT. Bumi Angkasa

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Shoimin, A. (2022). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Sinaga, S., Lumbantobing, M. T. ., & Sitio , H. . (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 2 Kelas IV Di UPTD SD Negeri 124394 Pematang Siantar . Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 6(2), 211–217. https://doi.org/10.54367/pendistra.v6i2.3177

Issue

Section

Artikel