PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 2 SUBTEMA 3 KELAS V SD NEGERI 091488 BAHSAMPURAN

Authors

  • Elisbethy Ambarita Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Nancy Angelia Purba Universitas HKBP Nommensen
  • Sunggul Pasaribu Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v6i2.3199

Keywords:

Model Pembelajaran, Quantum Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa pada tema 2 subtema 3 kelas V SD Negeri 091488 Bahsampuran. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2023/2024. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental dengan desain penelitian One Group Design Pretest-Posttest. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri 091488 Bahsampuran yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah test dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji analisis data diperoleh bahwa thitung sebesar 14,394 dan ttabel = 2,048 sehingga dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel maka terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa pada tema 2 subtema 3 kelas V SD Negeri 091488 Bahsampuran. Artinya, Ha = diterima dan H0 = ditolak.  

References

Anggara, A., Rakimahwati. (2021). Pengaruh Model Quantum Learning terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5(5), 3020-3026.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

_________. (2022). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

________________________. (2006). Strategi Pembelajaran yang Mengaktifkan Siswa. Jakarta: Depdiknas.

DePorter, Bobbi., & Hernacki, Mike. (2001). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

______________________________. (2015). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Girsang, E., Purba, N. A., Sianturi, C. L. (2022). Pengaruh Model Quantum Teaching Tipe Tandur terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Subtema Energi Alternatif di SD Negeri 098166 Perumnas Batu 6. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5), 6778-6789.

Indrayani, K. A. A., Pujani, N. M., & Devi, N. L. P. L. (2019). Pengaruh Model Quantum Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 2(1), 1-11.

Linawati., Zainuddin., & Suryani. (2013). Penerapan Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(7), 1-8

Mahananingtyas, E. (2017). Hasil Belajar Kognitif, Afektif dan Psikomotor melalui Penggunaan Jurnal Belajar Bagi Mahasiswa PGSD. Prosiding Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah IV, 192-200.

Mirdad, J. (2020). Model-model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran. Indonesia Jurnal Sakinah, 2(1), 14-23.

Mudyahardjo, R. (2012). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Journal Homepage, 659-663.

Nahak, K. E. N., Degeng, I. N. S., & Widiati, U. (2019). Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. 758-794.

Novita, L., Sukmasana. E., Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64-72.

Purba, I., Purba, N. A., Lumbantobing, M. T. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Minat Belajar Siswa pada Subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Kelas V UPTD SDN 124394 Siantar Timur. Journal on Education, 6(1), 1923-1931.

Putra, K. R., Rati, N. W., & Murda, N. (2019). Pengaruh Model Quantum Learning Berbantuan Peta Pikiran terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3(1), 42-52.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 289-302.

Rahmani, A. M., & Muslihah, N. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Bale Askara, 1(2), 1-12.

Salihin, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 3 Pijot Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 38-44.

Sihombing, C. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum (Quantu Learning) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. 16-28.

Simanjuntak, D. P., Sembiring, N., Remigius, A., & Silaban, P.J. (2020). Pengaruh Model Quantum Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 060970. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 413-418.

Sugiyanto. (2009). Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: UNS Press.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Zulanda, U., Utami, S., & Kartono. (2014). Penerapan Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. 1-12.

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Ambarita, E. ., Purba, N. A. ., & Pasaribu, . S. . (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 2 SUBTEMA 3 KELAS V SD NEGERI 091488 BAHSAMPURAN. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 6(2), 146–156. https://doi.org/10.54367/pendistra.v6i2.3199

Issue

Section

Artikel