PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS V

Authors

  • Anastasya L. Gultom Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Keywords:

think talk write, hasil belajar, model pembelajaran

Abstract

   Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh dari model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SD khususnya materi menulis pantun dengan menerapkan model Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas V SD Kristen Boc Kel. Toba Kec. Siantar Selatan Pematang Siantar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD KRISTEN BOC dengan sampel kelas V SD KRISTEN BOC yang berjumlah 22 orang. Berdasarkan tabel 4.10 diatas didapatkan thitung = 11,287 dengan tingkat signifikan (2-tailed) 0,000 probabilitas signifikan < 0,05, thitung > ttabel = 11,287 > 0.432 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Penjelasan ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write terhadap hasil belajar siswa pada tema 4 kelas V SD KRISTEN BOC.

References

Alma Andriani. 2020. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR . Jurnal Didaktika Dwija Indria (Solo) : 1

Amardi Hasbi, Iis Aprinawati, Mufarizuddin. 2023. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah: Vol. 7 Hal. 1

Depdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah: Jakarta:Depdiknas.

Sugiyono. 2010a. Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015b. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015c. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Gultom, A. L. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS V. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 6(2), 186–190. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/3205

Issue

Section

Artikel