PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.54367/pendistra.v7i1.3206Keywords:
Team Assiste Individualization (TAI) learning model, Learning OutcomesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh dari model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) pada pembelajaran Matematika di SD khususnya materi debit dengan menerapkan model Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas V SD NEGERI 091609 SINAKSAK. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD NEGERI 091609 SINAKSAK dengan sampel kelas V SD NEGERI 091609 SINAKSAK yang berjumlah 22 orang. Berdasarkan tabel 4.10 diatas didapatkan thitung = 67,432 dengan tingkat signifikan (2-tailed) 0,000 probabilitas signifikan < 0,05, thitung > ttabel = 67,432 > 02,086 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Penjelasan ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa pada materi debit kelas V SD NEGERI 091609 SINAKSAK.References
Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional
Kemendikbud. (2016). Permendikbud Tahun 2016 Tentang Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Halih, Moh. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) Terhadap Hasil Belajar Siswa”, Jurnal Buana Matematika, (02)6: 31-36
Sudjana. (2005).Metode Statistika.Bandung: PT. Tarsito.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung
Downloads
Published
2024-06-30
How to Cite
Sitepu, B. U. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 7(1), 21–25. https://doi.org/10.54367/pendistra.v7i1.3206
Issue
Section
Artikel