PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V

Authors

  • Bunga Ulina Sitepu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v7i1.3206

Keywords:

Team Assiste Individualization (TAI) learning model, Learning Outcomes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh dari model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) pada pembelajaran Matematika di SD khususnya materi debit dengan menerapkan model Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas V SD NEGERI 091609 SINAKSAK. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD NEGERI 091609 SINAKSAK dengan sampel kelas V SD NEGERI 091609 SINAKSAK yang berjumlah 22 orang. Berdasarkan tabel 4.10  diatas didapatkan thitung = 67,432  dengan tingkat signifikan (2-tailed) 0,000 probabilitas signifikan < 0,05, thitung > ttabel = 67,432  > 02,086  maka H0 ditolak dan Ha diterima. Penjelasan ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa pada materi debit kelas V SD NEGERI 091609 SINAKSAK.

References

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Tahun 2016 Tentang Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Halih, Moh. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) Terhadap Hasil Belajar Siswa”, Jurnal Buana Matematika, (02)6: 31-36

Sudjana. (2005).Metode Statistika.Bandung: PT. Tarsito.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Sitepu, B. U. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 7(1), 21–25. https://doi.org/10.54367/pendistra.v7i1.3206

Issue

Section

Artikel