Ilokusi Komentar Warganet Pada Akun Instagram @MAYAANG.LUCYAANA dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di MAN Kelas XII

Authors

  • Dwi Sinta Laelia Utami Utami Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Sutji Muljani Universitas Pancasakti Tegal
  • Wahyu Asriyani

Keywords:

Ilokusi, Implikasi, Pragmatik, Instagram

Abstract

Pada tujuan penelitian ini untuk mengetahui jenis tindak tutur ilokusi komentarwarganet pada akun instagram @mayaang.lucyaana dan untuk mengetahuiimplikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif. Akun media sosial instagram @mayaang.lucyana. Wujud datadalam penelitian ini yaitu berupa komentar warganet pada akun instagram@mayaang.lucyaana. Di dalam Penelitian ini, peneliti menggunakan teknik simakcatat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakanmetode padan. Tindak tutur ilokusi komentar warganet pada akun instagram@mayaang.lucyaana terdapat 4 jenis data dan menemukan 27 data yang sudahdianalisis ke dalam jenis beserta fungsinya masing-masing, yaitu jenis tindak tuturilokusi, tindak tutur ilokusi representatif ada 2 data (11.1%), tindak tutur ilokusidirektif ada 2 data (44.8%), tindak tutur ilokusi ekspresif ada 5 data (25.9%),selanjutnya, tindak tutur ilokusi komisif tidak ditemukan adanya data, dan yangterakhir tindak tutur ilokusi deklaratif ada 2 data (18.5%). Implikasinya terhadappembelajaran Bahasa Indonesia.

References

Austin, J.L. 1962. How to Do Things with Words. London : Oxford University Press.

Azizah, I. M. (2020). Analisis Tindak Tutur Caption dalam Instagram Ridwan Kamil. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 3, No. 3, hlm : 229-242.

Brown & Yule. (1983). How to Do Things with Words. London : Oxford University Press.

Chaer, Abdul dan Leoni Agustina. 1995. Sosiolinguistik: Suatu Pengantar. Jakarta : Rineka Cipta.

Cummings. (2002). Pragmatik sebuah Perspektif Multidisipliner. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Hermaji, Bowo. 2015. Teori Pragmatik. Semarang : Tunas Puitika.

Hermaji, Bowo. 2020. Teori Pragmatik (Edisi Revisi). Yogyakarta : Magnum Pustaka Utama.

Riskiana, Suci. 2016. “Tindak Tutur Ilokusi pada Kolom Ngresula Harian Radar Tegal”. Jurnal Bahtera. Vol. 03, No. 5, hlm : 108-118.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Utami, D. S. L. U., Muljani , S. ., & Asriyani , W. . (2023). Ilokusi Komentar Warganet Pada Akun Instagram @MAYAANG.LUCYAANA dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di MAN Kelas XII. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 6(2), 270–278. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/3243

Issue

Section

Artikel