PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS ETNOBUDAYA SIMALUNGUN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI TEKNOLOGI MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Vita Riahni Saragih Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Vina Merina Br Sianipar Universitas HKBP Nommensen
  • Nancy Angelia Purba Universitas HKBP Nommensen
  • Eva Pratiwi Pane Universitas HKBP Nommensen

Keywords:

E-modul, interaktif, etnobudaya, literasi teknologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif berbasis etnobudaya simalungun untuk meningkatkan literasi teknologi mahasiswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia dan menguji kelayakan e-modul yang dihasilkan supaya bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menerapkan model pengembangan 4D. Instrumen yang digunakan angket validasi untuk beberapa ahli materi, ahli media, dan ahli modul, serta angket respons. Hasil penelitian ini adalah (1) Hasil uji kelayakan prototipe e-modul interaktif berbasis etnobudaya simalungun oleh ahli dan dosen yang mengampu mata kuliah Bahasa Indonesia diperoleh rata-rata persentase kelayakan sebesar 88 % dan 90 % dengan kriteria layak. Hasil uji kelompok terbatas pada 10 orang mahasiswa diperoleh persentase kelayakan rata-rata sebesar 85%. Dari hasil tersebut prototipe e-modul interaktif berbasis etnobudaya simalungun hasil pengembangan dinyatakan sangat layak dengan rata-rata persentase 88 %; (2) Hasil uji efektifitas prototipe e-modul interaktif berbasis etnobudaya simalungun untuk meningkatkan kemampuan literasi teknologi dari 20 mahasiswa diperoleh rata-rata n-gain sebesar 0,5 dengan kriteria sedang.

References

Dharsono, Sony Kartika. 2015. Estetika Nusantara, Cetakan 1. ed. Penerbit ISI Press bekerja sama dengan P3AI ISI Surakarta, Surakarta.

Istiyanto. 2013. Pemrograman Smart Phone Menggunakan SDK Android dan Hacking Android, 1 ed. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Khairunnisa, G. Amirullah, dan M. Ninawati. 2019. Development of Learning Android Media-Based Mobile Learning Applications in Courses Basic Concepts of Natural Sciences. J. Inov. Pendidik. Dasar, vol. 4, no. 2, hal. 49–56.

Rohidi, T.R. 2000. Kesenian dalam Pendekatan Kebudayaan, Cet. 1. ed. STISI Press. Bandung.

Sidiq dan Najuah. 2020. Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. J. Pendidik. Sej., vol. 9, no. 1, hal. 14.

Syarifuddin. 2014. Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Penelitian Komunikasi, 17(2), 153-164.

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Saragih, V. R., Sianipar, V. M. B. ., Purba, N. A. ., & Pane, E. P. . (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS ETNOBUDAYA SIMALUNGUN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI TEKNOLOGI MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 6(2), 157–165. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/3279

Issue

Section

Artikel