KONSTRUKSI GENDER DALAM LAGU SIBORU TUMBAGA DA RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMP SWASTA TALITAKUM MEDAN

Authors

  • Ane Cahya Sihombing Universitas Prima Indonesia
  • Sartika Sari Universitas Prima Indonesia
  • Nadhira Hasanah Universitas Prima Indonesia
  • Endang Suciati Universitas Prima Indonesia

Keywords:

konstruksi gender, relevansi bahan ajar, siboru tumbaga

Abstract

Penelitian ini berjudul, "Konstruksi Gender Dalam Lagu Siboru Tumbaga dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Di SMP Swasta Talitakum Medan". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan kepercayaan kepada masyarakat tentang konstruksi gender. Jenis kelamin adalah kepribadian seseorang dan dipengaruhi oleh Peran gendernya. Suku Batak Toba mempunyai adat istiadat dan budaya yang berbeda satu sama lain di Indonesia. Salah satunya adalah peran laki-laki lebih tinggi dibandingkan perempuan sehingga sistem pembagian warisan dalam budaya Batak yang dinilai mengandung nilai-nilai patriarki. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis data. Bahan penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Salah satu sistem Pembagian warisan dalam budaya batak menimbulkan kesenjangan gender sehingga adanya diskriminalisasi hak perempuan terutama bagi masyarakat batak toba yang membudidayakan sistem patriarkhi, mau tidak mau mereka harus mengikuti sistem hukum tersebut turun temurun.

Author Biographies

Sartika Sari, Universitas Prima Indonesia

Dosen

Nadhira Hasanah, Universitas Prima Indonesia

mahasiswa

Endang Suciati, Universitas Prima Indonesia

Dosen

References

Malau, RL. 2013.Jurnal Sosiologi dan Politik. Riau: Repository.

Hasan, N., & Maulana, Robby. 2014. Kesetaraan dan keadilan gender dalam pandangan perempuan Bali: Studi fenomenologis terhadap penulis perempuan. Jurnal Psikologi Undip, Bali: Academia.

Lingga, N. L.. 2015. Pengaruh Pemberian Media Anirnasi Terhadap Perubahan Pengetahuan Dan Sikap Gizi Seimbang Pada Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar Negeri Tanjung Duren Utara 01 Pagi Jakarta Barat. Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul Jakarta, Jakarta Esaunggul.

Wahyuni, E. A., Priyatna, A., & Prabasmoro, T. 2022. Konstruksi gender dalam sastra anak Sunda Nala karya Darpan, Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial. Malang: Satwika.

Iqtral, M. M. 2015. Diskursus Gender Dalam Pendidikan Islamu. Analisis, Jurnal Studi Keislaman. Lampung: Analisis.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Banding: Alfabeta

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Sihombing, A. C., Sari, S. ., Hasanah, N. ., & Suciati, E. . (2023). KONSTRUKSI GENDER DALAM LAGU SIBORU TUMBAGA DA RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMP SWASTA TALITAKUM MEDAN. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 6(2), 279–286. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/3308

Issue

Section

Artikel