ANALISIS NILAI SOSIAL DALAM TRADISI REWANG PADA ACARA PERNIKAHAN DI DESA KALORAN KABUPATEN TEMANGGUNG

Authors

  • Alif Naf'an Nizar Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
  • Welsi Damayanti Universitas Pendidikan Indonesia Bandung

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v7i1.3760

Keywords:

Tradisi Rewang, nilai sosial , Desa Kaloran

Abstract

Tradisi adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang ataupun masyarakat secara terus menerus yang diwariskan dari masa lalu ke masa sekarang, kemudian dilestarikan oleh masyarakat di daerah terntentu hingga saat ini, dengan memperhatikan nilai, aturan, dan norma yang berlaku. Tradisi rewang merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh kerabat, tetangga, maupun warga sekitar guna membantu dalam acara pernikahan. Tujuan dilaksanakanya penelitian ini, untuk mengetahui nilai sosial apa saja yang terkandung dalam tradisi rewang pada acara pernikahan di Desa Kaloran, Kabupaten Temanggung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, sebab penulis ingin mendapatkan data secara mendalam dan mendeskripsikan kembali secara apa adanya mengenai nilai sosial apa saja yang terkandung dalam tradisi rewang melalui teknik wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tradisi Rewang dalam acara pernikahan yang kerap dilestarikan masyarakat Desa Kaloran memiliki nilai sosial dan manfaatnya, antara lain nilai gotong royong, tolong menolong, kerja sama, dan kebersamaan.

References

Rofiq, A. 2019. Tradisi slametan Jawa dalam perpektif pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 15(2): 93-107.

Rodin, R. 2013. Tradisi tahlilan dan yasinan. Jurnal Kajian Islam Dan Budaya, 11(1): 76-87.

Mahdayeni, M., Alhaddad, M. R., & Saleh, A. S. 2019. Manusia dan Kebudayaan (Manusia dan Sejarah Kebudayaan, Manusia dalam Keanekaragaman Budaya dan Peradaban, Manusia dan Sumber Penghidupan). Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2): 154-165.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Nizar, A. N. ., & Damayanti, W. (2024). ANALISIS NILAI SOSIAL DALAM TRADISI REWANG PADA ACARA PERNIKAHAN DI DESA KALORAN KABUPATEN TEMANGGUNG. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 7(1), 59–62. https://doi.org/10.54367/pendistra.v7i1.3760

Issue

Section

Artikel